Harga Pesaing Innova, Wuling Cortez Bikin 'Ngiler'

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Kamis, 08/02/2018 20:14 WIB
Harga Pesaing Innova, Wuling Cortez Bikin 'Ngiler' Wuling Motors mengumumkan harga Cortez mulai Rp218 juta. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wuling Motors Indonesia mengumumkan harga Cortez mulai Rp218 juta sampai Rp264 juta untuk konsumennya di Indonesia.

Dibandingkan multi purpose vehicle (MPV) sekelasnya, Toyota Innova, harga Cortez relatif lebih terjangkau. Toyota menjual Innova dengan harga mulai dari Rp302 juta - Rp407,5 juta (berdasarkan situs resmi TAM).

Wakill Presiden Wuling Motors Cindy Cai mengatakan, bahwa dengan melahirkan Cortez, pabrikan China itu ingin memberi lebih banyak pilihan berkendara terhadap konsumen, khususnya pada di segmen medium MPV.
Klaim perusahaan, Cortez memiliki lebih banyak keunggulan mulai fitur hingga bagian kabin lebih lapang.


"Dari segi fitur, kelapangan kabin dan ini keunggulan kami dari merek lain," kata Cindy di Jakarta, Kamis (8/2).

Cortez memiliki dimensi panjang 4.780 mm, lebar 1.816 mm, tinggi 1.755 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Sementara pesaingnya, Innova punya dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.795 mm dan jarak sumbu roda sama dengan Cortez.
Kelebihan panjang seperkian milimeter pada MPV China itu memungkinkan para insiyur mendesain interiornya lebih maksimal guna memberi kenyamanan lebih penghuni kabin.

Soal performanya mobil hasi produksi pabrik Wuling Cikarang, Jawa Barat itu menggendong mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.8-liter. Mesin ini mampu memproduksi tenaga 129 hp pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 174 nm, dengan sistem penggerak roda depan.

Mesinnya dikencani dengan transmisi otomatis i-AMT (intelligent automated mechanical transmission). Tersedia juga varian transmisi manual dengan enam percepatan. Sebagai penunjang berkendara, Wuling menyediakan tiga port USB untuk mengisi daya ponsel di dalamnya. Di bagian kemudi, telah disematkan pula tombol-tombol pengaturan audio, menjawab panggilan telepon.
Pada bagian dasbor tersedia layar sentuh 8 inci yang menyuguhkan layanan navigasi dan bisa terkoneksi dengan smartphone. Menariknya ada sebuah remote juga disertakan agar bisa mengatur otomatis buka-tutup seluruh jendela, pintu bagasi (tipe C) dan sunroof (tipe L).

Selain itu terdapat berbagai fitur keselamatan dan keamanan. Misal, tersedia fitur automatic vehicle holding (AVH) agar mobil tidak meluncur ke belakang. Kemudian, terdapat juga electronic stability control (ESC) yang berfungsi menjaga kestabilan berkendara secara otomatis ketika ada indikasi pengemudi mengalami kehilangan kendali.

Fitur standar lainnya adalah anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), dan brake assist (BA). Adapula electric parking brake (EBH), yaitu rem tangan otomatis berbentuk tombol yang beroperasi elektrik.
Sementara itu Cindy melanjutkan bahwa mobil tersebut merupakan produk kedua yang dilahirkan di Indonesia setelah Confero. Sedangkan kandungan lokal Cortez telah mencapai 50 persen. Namun untuk target penjualan pada kendaraan ini, Cindy enggan menjelaskan secara rinci. Kata dia, selama 2018 pabrikan China ini menargetkan penjualan sebanyak 30 ribu unit.

"Untuk itu kami targetkan 30 ribu unit udah termasuk Confero," jelas Cindy.

Berikut daftar harga Wuling Cortez:

Rp 218.000.000 1.8 6 MT
Rp 228.000.000 1.8 i-AMT
Rp 233.000.000 1.8 Lux + i-AMT
Rp 254.000.000 1.8 Lux + 6 MT
Rp 264.000.000 1.8 Lux+ i- AMT (mik)


BACA JUGA