Tips Otomotif

Waspada Gamis Terlilit Rantai Sepeda Motor

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 10/02/2018 09:11 WIB
Waspada Gamis Terlilit Rantai Sepeda Motor Wanita pengendara berhijab agar memperhatikan kondisi busana agar tidak terlilit rantai motor. (Foto: Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keselamatan adalah hal mutlak yang tidak boleh disepelekan. Tak hanya sebagai pengingat bagi para pengendara motor, melainkan juga bagi para penumpangnya.

Saat ini masih banyak wanita 'boncenger' berjibab, bergamis atau berselendang tidak mengindahkan keselamatan dirinya. Mereka berpakaian seenaknya dan tanpa disadari bagian pakaian terjuntai ke bagian roda dan terlilit rantai.

Memperhatikan busana dalam berkendara sepeda motor menjadi poin penting untuk menghindari kecelakaan di jalan.
Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Palubuhu mengingatkan bahwa potensi kecelakaan lantaran sepeda motor memiliki komponen sebagai bagian penggerak (gear dan rantai).


Komponen tersebut umumnya dilengkapi penutup untuk keselamatan. Namun penutup tersebut masih memiliki celah sehingga sangat memungkinkan sesuatu masuk dan terlililt. Jika sudah demikian, efek yang ditimbulkan tentu pengemudi atau penumpang bakal terjatuh dan cedera. Bukan tidak mungkin hal tersebut bakal menghilangkan nyawa.

"Jadinya bakal kejadian yang mengakibatkan kecelakaan. Iya, misal baju atau selendang masuk, itu bisa terbelit dan menyebabkan kecelakaan," kata Jusri kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (10/2).
Oleh karenanya, Ia menjelaskan agar sebaiknya para pemotor dapat lebih bijak dalam berpakaian. Menurutnya sangat disarankan para pemotor tidak berpakaian terlalu panjang atau hingga menjuntai ke tanah.

"Kalau perempuan atau laki-laki hindari pakaian yang panjang memungkinkan masuk ke rangkaian penggerak motor. Kaya selendang, kebaya atau sesuatu yang berpeluang nyangkut di sana," ujarnya.

Ia menambahkan pengemudi juga harus waspada terhadap barang tambahan selain pakaian. Contohnya, jika memakai tas atau mengikat barang, pastikan tidak ada tali yang mendekati bagian penggerak sepeda motor tersebut. (mik)