Sinyal Telepon & TV Paling Terimbas Saat Hari Tanpa Bayangan

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Rabu, 21/03/2018 11:12 WIB
Sinyal Telepon & TV Paling Terimbas Saat Hari Tanpa Bayangan Sinyal komunikasi dan tayangan tv kabel paling kena imbas saat hari tanpa bayangan. (Foto: CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Posisi matahari yang tepat di atas ekuator pada Rabu (21/3) siang berdampak ke sejumlah lini kegiatan di Bumi. Namun yang paling terganggu dari fenomena ini adalah layanan televisi kabel dan sinyal komunikasi radio.

Rhorom Priyatikanto, peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), mengatakan tayangan televisi kabel pasti akan terganggu setiap hari setidaknya dalam kurun 15-30 menit.

"Jadi satelit-satelit yang posisinya di atas ekuator untuk hari ini sinyalnya kalah kuat oleh Matahari," kata Rhorom melalui telepon kepada CNNIndonesia.com.


Selama fenomena tersebut berlangsung, panas Matahari terasa menyengat lebih kuat terutama ke satelit di angkasa. Inilah yang menyebabkan sinyal dari satelit akan mengusik tayangan-tayangan di televisi kabel.

Rhorom berkata fenomena gangguan satelit ini dikenal dengan istilah sun outage.

Ia juga berkata operator televisi kabel sudah menyadari invtervensi matahari ini. Itu sebabnya pelanggan televisi kabel akan mendapat semacam pengumuman dari operatornya bahwa siaran mereka akan terganggu beberapa saat selama sun outage berlangsung.

Masih ada dampak lain yang disebabkan oleh matahari yang ada di atas ekuator. Misalnya adalah sinyal komunikasi radio akan terganggu serta temperatur di Bumi sedikit meningkat.

"Gangguan ini bisa terjadi 2-3 hari dan tapi masing-masing hanya sekitar 15-30 menit saja," imbuh Rhorom.

Selain dampak-dampak di atas, fenomena hari tanpa bayangan juga menjadi pertanda pergantian musim. Rhorom meyakini musim hujan sudah mulai beralih ke musim kemarau.

Sinyal Telepon & TV Paling Terimbas Saat Hari Tanpa BayanganLokasi terjadinya hari tanpa bayangan di Indonesia. (Foto: Dok. LAPAN)
(evn)