Corolla 'Hatchback' untuk Konsumen yang Ingin Bernostalgia

Anders Forbes, CNN Indonesia | Rabu, 28/03/2018 10:26 WIB
Corolla 'Hatchback' untuk Konsumen yang Ingin Bernostalgia Toyota melengkapinya dengan mesin empat silinder 2.000cc. (Courtesy of Toyota)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota mengenalkan Corolla iM di Amerika Serikat sekaligus untuk menggantikan nama Scion iM yang sejak 2006 digunakan untuk hatchback andalan pabrikan Jepang.

Sejumlah media di AS menyebut mobil 'bungkuk' itu dengan julukan Corolla hatchback 2019 dan diharapkan bisa menggaet konsumen muda yang menghindari medium sedan.

Corolla hatchback adalah 'rebadge'  dari model yang sama dengan nama Auris hatchback yang mengandalkan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) dan memulai debutnya terlebih dahulu di Geneva Motor Show beberapa minggu lalu.
Corolla dengan bodi hatchback sebenarnya bukan barang barang baru di dunia. Di akhir 80-an sampai awal 90-an, manufaktur berlogo tiga elips itu pernah meniagakan 'Twincam Liftback' dengan balutan desain sporty.


Hingga kini, Corolla Liftback masih cukup digemari dan menjadi barang koleksi. Kehadiran Corolla hatchback ini dapat dengan sukses membawa konsumen bernostalgia dengan masa-masa indah 30 tahun silam.

Model barunya memiliki dimensi lebih panjang 1,5 inci, lebih lebar 1,2 inci, dan lebih rendah 1 inci dari model Scion iM.
Dilansir situs resmi Toyota Amerika, Selasa (27/3), Toyota melengkapinya dengan mesin empat silinder 2.000cc yang menggantikan 1.800cc. Mesin barunya dikencani Direct Shift CVT (Continuously Variable Transmission) yang diklaim untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar tanpa mengurangi kenikmatan berkendara.

Di negeri paman sam, Corolla hatchback hadir untuk menantang Mazda3 Sport. Namun kemampuan performa hatchback milik Toyota itu di atas kompetitornya, yaitu tersimpan mesin bertenaga 168 hp, sementara Mazda3 Sport cuma 150 hp.

Baik Corolla dan Mazda3 sudah jelas menyasar konsumen berjiwa muda, wajar jika kedua menyediakan sejumlah fitur menarik demi kenyamanan penghuni kabin. Hatchback andalan Toyota misalnya. Interior mobil itu dilengkapi layar sentuh berukuran 8 inci yang menawarkan fitur Apple CarPlay di mana bisa dinikmati suaranya melalui sound system 6 speaker.
Berbagai fitur keselamatan disiapkan seperti Toyota Safety Sense berupa Lane Departure Warning, Automatic High-Beam, Lane Tracing Assist, dan Pre-Collision System dengan pendeteksi pejalan kaki.

Sementara untuk pemasarannya, Toyota menjanjikan Corolla hatchback akan debut dunia di New York Auto Show, berlangsung 30 Maret - 8 April 2018. (mik)