Cara 'Gila' Komunitas Kendaraan Rayakan Ultah

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 07/04/2018 11:41 WIB
Cara 'Gila' Komunitas Kendaraan Rayakan Ultah Perayaan hari ulang tahun komunitas diadakan dengan berbagai cara. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komunitas kendaraan, baik roda dua maupun empat, memiliki cara unik untuk merayakan hari jadinya. Mulai dari sekadar kumpul sesama anggota, atau bahkan menjelajah bersama ke suatu tempat.

Kegiatan ini pun umum dilakukan bagi mereka yang memiliki tujuan sama dalam satu varian kendaraan. Kali ini CNNIndonesia.com merangkum apa saja kegiatan yang mereka lakukan beberapa pekan terakhir.

Dok. JMCJMC berfoto bersama dengan latar belakang Danau Toba. (Dok. Istimewa)
Komunitas Maxi


Pemilik motor Yamaha Maxi yang tergabung dalam Journalist Max Community (JMC) merayakan hari jadinya yang kedua. Hari jadi itu dirayakan dengan cara menggelar touring di Medan, Sumatera Utara.

Dalam agenda yang berlangsung selama tiga hari (30 Maret - 1 April 2018), mereka melakukan perjalanan mulai dari Medan menuju Danau Toba. Mereka berangkat melalui jalur Berastagi, Paropo dan memasuki garis akhir di Debang Resort, Silalahi.

Mereka semua berangkat menggunakan motor Yamaha Maxi series yaitu Yamaha XMax, NMax dan Aeroxx.


Puncak perayaan JMC berlangsung di atas panggung Maxi Day Medan. Itu ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Muhammad Ikhsan Sekjen JMC serta disaksikan perwakilan Yamaha Indonesia Alfa Scorpii serta komunitas lain yang hadir pada acara itu.

Adapun jumlah anggota komunitas ini hingga sekarang terhitung sebanyak 24 orang yang berasal dari pelbagai media nasional baik online, cetak maupun elektronik. JMC sendiri terbentuk pada 26 Maret 2016.
Cara 'Gila' Komunitas Kendaraan Rayakan Ultah (EMBG)Foto: Dok. Istimewa
Komunitas Agya

Tidak ketinggalan, pecinta mobil murah Agya yang tergabung dalam Toyota Agya Club (TAC) Chapter Bekasi juga turut merayakan hari jadinya. TAC resmi berumur 4 tahun.

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini. Namun untuk puncak acara mereka melakukanya di pinggiran kota Bekasi dengan acara amal di Yayasan Al-Istiqomah. Selain itu kegiatan lain juga dilakukan seperti fun games, hingga ngopi bareng.

Acara ini pun sedikitnya dihadiri oleh 450 anggota TAC dari pelbagai chapter. Mereka pun sempat melakukan konvoi menuju acara tersebut.
Cara 'Gila' Komunitas Kendaraan Rayakan Ultah (EMBG)Foto: Dok. Istimewa
Komunitas Toyota

Terakhir, terdapat Toyota Owner Club (TOC) yang terdiri dari Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI), Veloz Community Velozity dan Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA) yang menggelar acara bersamaan.

Mereka akan melakukan perjalanan bersama mempuh jarak 6.800 km melintasi enam pulau dan menyeberangi lima selat untuk sampai ke Dili ibukota Timor Leste.

Perjalanan dimulai pada 29 Maret di Jakarta dan direncanakan tiba di Dili pada 10 April 2018. Mereka akan kembali ke ibu kota pada akhir April. Ini diklaim akan menjadi perjalanan terpanjang pertama mobil Toyota di bawah naungan TOC.


Adapun mobil yang digunakan adalah satu unit Toyota Kijang Buaya (generasi pertama Kijang), All New Kijang Innova (generasi ke-6 Kijang), Avanza Veloz (2012), Grand New Veloz (2015) dan Al New Sienta (2016).

Rombongan akan melintasi beberapa kota besar dan kecil di Pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores dan Timor Leste.

Komunitas Vios dan Limo

Sementara Tovility atau Toyota Vios Limo Community Chapter Depok memiliki cara berbeda dalam merayakan ulang tahun mereka yang pertama.

Anggota komunitas ini merayakan hari jadinya dengan menggelar kontes modifikasi, pada 25 Maret 2018 bertempat di daerah Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Menurut perwakilan Tovility Widi, acara itu diikuti 100 peserta yang didapat dari beragam komunitas serta jenis mobil. Peserta merebutkan 71 tropi dan uang tunai.

Setidaknya ada tiga kategori yang dilombakan, pertama car modification, car meet up dan car limbo engine rev battle. Hingga kini tercatat anggota Tovility Depok berjumlah 26 kendaraan.

(asa)