Mesin Ais Kominfo Filter Ratusan Konten Hoaks Per 3 Jam

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Senin, 14/05/2018 15:22 WIB
Mesin Ais Kominfo Filter Ratusan Konten Hoaks Per 3 Jam Menkominfo Rudiantara menyebut pihaknya telah memfilter ratusan konten hoaks ledakan bom dalam waktu 2-3 jam. (Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)
Singkawang, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut bahwa pihaknya telah menyiapkan mesin ais untuk menyaring konten terkait dengan terorisme dan hoaks. Hal ini dilakukan menyusul rentetan ledakan bom di Surabaya dan Sidoarjo.

"Saya sudah suruh filter," jelasnya kepada CNNIndonesia.com dalam perjalanan ke Singkawang, Kalimantan Barat, Senin (14/5).

Saat ditanya soal masih ditemukannya konten yang menunjukkan cara pembuatan bom lewat pencarian Google dan hoaks, Rudiantara menyebut bahwa memang ada jeda pada tiap penyaringan dilakukan oleh mesin ais hingga akhirnya konten dihapus dari internet.


Mesin ais disebutkan akan berjalan setiap dua tiga jam sekali hingga penutupan situs dengan konten negatif dilakukan. Sehingga kemungkinan masih akan ditemukan situs dengan konten negatif diantara jeda waktu tersebut.

"Kalau di situs dua jam tiga jam difilter [...] begitu dapet dua tiga jam, langsung ditutup," tegasnya lagi.

Rudiantara juga menyebut bahwa mesin aisnya akan bekerja secara proaktif untuk menyisir dan menyensor konten. Sehingga pekerjaan pemblokiran tidak mesti menunggu laporan dari masyarakat.

Filter terkait konten hoaks dan terorisme menurutnya telah dilakukan sejak insiden di lapas Salemba cabang Mako Brimob, Depok.


[Gambas:Video CNN] (eks/evn)