Gaya APM Jaga Kenyamanan Konsumen Saat Musim Mudik

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 04/06/2018 10:41 WIB
Gaya APM Jaga Kenyamanan Konsumen Saat Musim Mudik Ilustrasi mudik Lebaran. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kegiatan yang rutin dilakukan agen pemegang merek (APM) setiap tahunnya adalah memberikan kenyamanan konsumen yang menggunakan mobilnya untuk pulang ke kampung halaman.

Aktivitas ini sudah mendarah daging bagi sebagian APM dan telah menjadi kebiasaan sejak lama. Bagi APM yang belum melakukan sesuatu perlu usaha yang ekstra agar tidak ditinggal konsumen.

Masing-masing APM punya caranya sendiri untuk menemani konsumen selama perjalanan mudik. 


Objektif mereka adalah membantu menjaga performa kendaraan meskipun tak semua pemilik mobil memanfaatkan program tersebut dengan alasan tertentu, oleh karena semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis bengkel saat ini.

Tetapi setidaknya APM berusaha agar tidak tergerus bisnis dan tetap untuk mengawal setiap kendaraan konsumen selama musim mudik lebaran.

Seperti PT Honda Prospect Motor yang meluncurkan aplikasi Honda Siaga yang berfungsi menunjukkan lokasi dealer dan posko siaga terdekat dari pemudik pengguna mobil Honda di Indonesia. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui App Store dan Play Store sejak 25 Mei 2018.

Dengan aplikasi Honda Siaga, pengemudi dapat mengecek lokasi dealer dan posko siaga terdekat dari posisinya dalam radius 10 kilometer dan mendapatkan rute secara real time untuk menjangkau bengkel yang dituju. 

Tidak hanya itu, konsumen juga dapat melihat alamat lengkap dan menghubungi dealer hanya dengan satu sentuhan, serta membagikan lokasi dealer atau posko melalui WhatsApp atau media sosial lainnya.

Sementara periode tanggal 11 - 22 Juni 2018, Honda menyediakan 114 titik layanan yang terdiri dari 98 dealer resmi Honda yang tetap buka pada jam operasional (08.00 - 16.00 WIB), 3 dealer yang buka 24 jam selama libur lebaran, serta 13 Posko Siaga Honda di sepanjang jalur mudik yang buka selama 24 jam.

Sedangkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyambut periode mudik 2018 dengan mengadakan program "Lebaran Care Campaign" untuk para konsumen Mitsubishi. Program Lebaran Care Campaign ini diselenggarakan pada periode 21 Mei - 30 Juni 2018 di jaringan diler Mitsubishi Motors dan posko SIAGA Mitsubishi yang berada di jalur mudik.

"Untuk meningkatkan kenyamanan dan rasa aman konsumen dalam melaksanakan aktivitas mudik lebaran melalui berbagai fasilitas dan dukungan yang telah disiapkan di titik-titik jalur mudik," kata Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI Irwan Kuncoro.

Untuk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali menggelar program tahunan "Suzuki Peduli Mudik" digelar mulai 8-17 Juni 2018. Dalam program ini SIS menyediakan tiga titik pos siaga, 27 bengkel mobil siaga, 20 bengkel motor siaga, serta 10 titik towing yang tersebar di jalur mudik mulai dari Sumatera, Jawa, hingga Bali.

Beberapa layanan yang dihadirkan dalam program ini antara lain bengkel siaga, pos siaga, Halo Suzuki Mudik Assistance, Suzuki Emergency Roadside Assistance, aplikasi Halo Suzuki, serta Halo Suzuki Technician Assistant.

Untuk mendukung program ini, SIS telah menyediakan aplikasi mobile Halo Suzuki yang terdapat menu rute dan peta mudik. Fitur terbaru di aplikasi ini adalah live chat untuk mendapatkan respon yang lebih sigap dan cepat tanggap. (mik)