FOTO: Terpukau Pesona Gerhana Bulan Total

CNN Indonesia | Sabtu, 28/07/2018 12:01 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Gerhana bulan total 'Micro Blood Moon' pada Sabtu dini hari berlangsung 1 jam 43 menit, merupakan yang terlama pada abad ini. 

Foto kolase Planet Mars terlihat saat terjadinya fenomena gerhana bulan total di langit Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (28/7). Gerhana bulan total tahun ini merupakan fenomena langka karena terjadi selama 1 jam 43 menit atau merupakan gerhana terlama yang terjadi di abad ini. (Antara/Dedhez Anggara)
Gerhana bulan terlihat dari Cikini, Jakarta Pusat. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memperkirakan fenomena alam unik ini diiringi dengan Planet Mars yang bisa dilihat oleh mata telanjang dan kemunculan hujan meteor. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Gerhana bulan terlihat dari Surabaya. Hujan meteor sendiri tidak terlihat karena terhalang terangnya sinar bulan. (AFP/Juni Kriswantoj)
Sejumlah anak antre untuk mengamati gerhana bulan total dengan menggunakan teleskop di Lapangan Salman ITB, Bandung, Jawa Barat. (Antara/Raisan Al Farisi)
Tak hanya gerhana bulan dan Mars, masyarakat Indonesia juga bisa melihat Planet Venus dengan mata telanjang. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Merayakan gerhana bulan total dan terlama dalam abad ini, nobar gerhana bulan diselenggarakan di beberapa tempat di Indonesia. (Antara/Raisan Al Farisi)
Fase gerhana bulan total
Umat Muslim melaksanakan salat gerhana saat gerhana bulan total
Puncak gerhana terjadi pada 28 Juli pukul 02.30 WIB sampai 04.13 WIB. (Antar/Wahyu Putro)
Warga menyaksikan planet Mars dan gerhana bulan total di Kota Padang, Sumatera Barat. Menurut Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Mars hanya berjarak sekitar 57,6 juta kilometer (35,8 juta mil) dari Bumi, menjadikannya jarak terdekat dan Mars tidak akan berada sedekat ini lagi sampai 15 September 2035. (Antara/Iggoy el Fitra)
Fase gerhana bulan total 'Micro Blood Moon' dari Monumen Pembebasan Irian Barat, Jakarta. Januari lalu, terjadi fenomena 'Blood Moon'. Terdapat perbedaan di antara keduanya.  (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Salah satunya, durasi 'Super Moon' yang hanya 76 menit, dan bisa dilihat dari seluruh Indonesia. 'Micro Blood Moon' terjadi tak bisa disaksikan dari beberapa lokasi di bagian timur Indonesia. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)