UJI PRODUK

Adu Xiaomi Redmi S2 vs Redmi Note 5

Eka Santhika, CNN Indonesia | Selasa, 21/08/2018 17:23 WIB
Xiaomi punya dua varian ponsel dengan harga tak jauh beda, Xiaomi S2 dan Note 5, lantas ponsel mana yang lebih layak? Xiaomi Redmi S2. Dalam paket penjualannya, Redmi S2 hanya menyertakan kelengkapan standar seperti pengisi daya, kabel, dan pelindung ponsel. Tidak ada tuas untuk mengeluarkan SIM dan earphone. (Foto: CNNIndonesia.com/ Eka Santhika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Xiaomi mengeluarkan varian ponsel selfieRedmi S2, namun harga berbanding tipis dengan 'saudara kandungnya'RedmiNote 5 yang punya performa lebih gahar. Lantas apakah kamera seriselfie ini benar-benar cukup berharga untuk diperjuangkan dengan sedikit toleran terhadapperformanya? Berikut ulasannya. 

Seri S dari Xiaomi ini dibuat untuk menyasar para pecinta selfie, maka digunakanlah huruf S sebagai penanda seri tersebut. Dari segi bodi, Redmi S2 tak beda jauh dengan Redmi Note 5. Bedanya ponsel ini sedikit lebih tinggi (160,7 mm vs 158,6 mm) dan lebar (77.3 mm vs 75,4 mm).

Bahkan desain di bagian belakang dan depan pun nyaris tak berbeda. Terdapat kamera ganda dan sensor sidik jari di bagian belakang. 

Sementara di bagian depan terdapat satu kamera dengan dua sensor. Sementara dari sisi penyimpanan, kedua ponsel ini juga memiliki kapasitas serupa baik untuk memori internal dan eksternal.


Dari segi harga, Xiaomi Redmi S2 dibanderol dengan harga yang berselisih harga tipis dengan Redmi Note 5. Redmi Note 5 dibanderol 2,5 juta sedangkan Redmi S2 dijual Rp2,4 juta.

[EMB]Adu Xiaomi Redmi S2 vs Redmi Note 5Redmi Note 5. Tampilan kedua ponsel ini memang nyaris identik dengan perbedaan tipis dari segi dimensi  (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Layar, memori, chipset

Sementara untuk urusan layar, Redmi Note 5 lebih unggul karena punya kerapatan lebih tinggi dari S2. Kerapatan layar Note 5 403 ppi, sementara S2 hanya 269 ppi. Hal ini juga nampak dari resolusi layar S2 yang hanya 720 x 1440 piksel, sementara Note 5 resolusinya lebih tinggi 1080 x 2160 piksel. 

Untuk urusan memori, Note 5 juga punya RAM dengan pilihan kapasitas lebih tinggi (4/6GB) ketimbang S2 (3/4GB). Namun untuk ROM dan memori eksternal, keduanya dibekali dengan kapasitas yang sama. 

Perbedaan lain adalah dari segi chipset yang digunakan. Redmi Note 5 sudah menggunakan prosesor terbaru Qualcomm, Snapdragon 636. Sementara S2 masih menggunakan chipset lawas yang keluar pada 2016, Snapdragon 625. Untuk perbandingan kedua chipset ini akan dibahas pada laman ketiga dari tulisan ini.

Kamera Tak Detil, Tapi Kontras Baik

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK