GIIAS 2018

Mobil dan 'Pemanis' Terfavorit di GIIAS 2018

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 13/08/2018 16:18 WIB
Mobil dan 'Pemanis' Terfavorit di GIIAS 2018 Hyundai Sanfa Fe generasi keempat di GIIAS 2018. (Dok. CNN Indonesia/Hesti Rika)
Tangerang, CNN Indonesia -- Di antara begitu banyak model yang tampil di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Hyundai Santa Fe terpilih menjadi mobil paling favorit pilihan pengunjung kategori mobil penumpang. SUV asal Korea Selatan itu mengungguli perwakilan Jepang, Nissan Terra, yang ada di posisi kedua, dan perwakilan China, DFSK Glory 580 di tempat ke-3.

Santa Fe yang tampil merupakan versi terbaru, yakni generasi keempat. Pengenalannya dilakukan bersamaan pengumuman harga jual model baru H-1 pada hari pembukaan GIIAS 2018, Kamis (2/8).

Desain generasi baru Santa Fe telah berubah makin modern dengan wajah baru, namun tetap mengandalkan grill khas Hyundai. Seakan mengikuti tren desain mobil global, sistem penerangan dibuat terpisah antara lampu besar dan kecil. 


Bagian atas merupakan positioning lamp dengan teknologi LED. Sedangkan di bawah, lampu besar proyektor LED sudah terintegrasi dengan lampu spion dan lampu kabut.
Di kabin, Santa Fe menggunakan monitor 5 inci TFT LCD dengan kelengkapan Aux-in, USB, iPod, Bluetooth, Clock Mode, serta Screen Off Function. Lalu di balik roda kemudi yang dibungkus bahan kulit tersimpan paddle shift guna kenyamanan pengemudi mengoper gigi secara manual.

Struktur rangka all-new Santa Fe memakai material baja yang diklaim memiliki kualitas terbaik. Struktur yang dinamakan AHSS (Advanced High Strength Steel) itu berfungsi menyerap dan meminimalkan efek benturan untuk melindungi penumpang. Tidak hanya itu struktur tersebut juga membuat kabin lebih senyap.

Pada sektor keselamatan, Santa Fe sudah dilengkapi Electronic Stability Control (ESC), Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Braking Distribution (EBD), Downhill Brake Control, serta Hill-Start Assist Control. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) menghadirkan Santa Fe generasi terbaru dalam dua varian yaitu GLS dengan pelek 18 inci dan XG sebagai varian teratas menggunakan pelek 19 inci.

Pilihan mesin juga ada dua, yaitu mesin bensin 2.4 MPi D-CVVT dengan transmisi Automatic Shiftronic-6 Percepatan dan Diesel R2.2 CRDi EVG Turbo dengan transmisi Automatic Shiftronic-8 percepatan.

Varian GLS 2.4L dijual Rp499 juta, GLS 2.2L Rp549 juta, XG 2.4L Rp 520 juta dan XG 2.5L Rp 569 juta. Selama GIIAS 2018 Hyundai berhasil melego 139 unit Santa Fe model baru dan enam unit Santa Fe model lawas. Berdasarkan informasi dari Hyundai Mobil Indonesia (HMI), pihaknya berhasil meraih 358 SPK sepanjang 11 hari pameran otomotif berlangsung di ICE BSD, Tangerang.

Daftar Mobil Favorit GIIAS 2018

Pada penyelenggaraan GIIAS tahun ini, penyelenggara membuat empat pengategorian "mobil favorit" yang dikaji dari hasil survei pada setidaknya 1.500 pengunjung. Selain "Favorit Mobil Penumpang" yang didapat Santa Fe, tiga lainnya yaitu Favorit Mobil Penumpang Kategori Khusus, Favorit Mobil Komersial, dan Favorit Mobil Komersial Kategori Khusus.
 

Berikut daftar peraih empat kategori "mobil favorit" selama GIIAS 2018: 
Favorit Mobil Penumpang.
1. Hyundai Santa Fe
2. Nissan Terrra
3. DFSK Glory 508

Favorit Mobil Penumpang Kategori Khusus
1. Suzuki Jimny
2. BMW i8
3. Mitsubishi e-Evolution 

Favorit Mobil Komersial
1. Laksana SR2 Double Deck
2. UD Truck Kuzer
3. Adiputro Jetbus 3+ Ultra High Deck

Favorit Mobil Komersial Kategori Khusus
1. Fuso Super Great V Spider
2. Hino Poncho EV

Pengategorian mobil terbaik GIIAS 2018 diketahui lebih banyak daripada perhelatan tahun lalu. Pada GIIAS 2017 kendaraan favorit hanya diperuntukan pada dua kategori, yaitu mobil penumpang dan komersial.

Adapun pemenang pertama untuk mobil penumpang yaitu Mistubishi Xpander, Honda Civic Hatchback, dan terakhir Mercedes-Benz AMG GT R. Sedangkan kategori mobil komersial Hino Dakar Rally, Hyundai Xcient, dan Mitsubishi Fuso E-Canter. 
Daftar Mobil Terfavorit dan Para finalis Miss Auto Show 2018. (Dok. CNN Indonesia/Febri Ardani)
Miss Auto Show 2018

Di samping mobil-mobil favorit, penyelenggara telah menentukan pemenang Miss Auto Show 2018, yaitu Vivian Wijaya. Vivian, usher pada stan Lexus Indonesia, berhasil melengserkan wanita-wanita "pemanis" lain perwakilan berbagai merek otomotif peserta GIIAS 2018.

Wajah Vivian tampak sumringah saat mendengar namanya disebut sebagai pemenang. Mahkota dan selendang bertuliskan 'Miss Auto Show 2018' pun langsung dipakaikan ketika namanya diumumkan pada malam penutupan GIIAS 2018 pada Sabtu (12/8). 

"Perasaan aku seneng banget, terimakasih banget untuk keluarga, teman-teman dan tentunya buat Lexus Indonesia," ucapnya yang saat itu tengah memakai dress warna hitam.

Wanita yang baru menyelesaikan studinya di salah satu universitas swasta jurusan Management Marketing ini mengaku betah menjadi "pemanis" di setiap perhelatan otomotif, terutama bersama Lexus.  Betahnya Vivian menggeluti profesinya kini diakuinya tidak lepas dari dukungan dari semua pihak. Apalagi menurut dia, selama menjadi usher semua pengunjung, terutama di stan Lexus selalu berlaku sopan.  

"Aku sudah dua kali jaga di Lexus, karena orang yang datang ke Lexus orang yang berintegritas dan sopan ya," ucap wanita kelahiran 1997 itu.

Miss Auto Show 2018 sendiri memiliki delapan kategori dan berikut daftar pemenangnya:
Miss Auto Show 2018 - Vivian Wijaya (Lexus)
1st Runner Up - Putri Ersa (Datsun)
2nd Runner Up - Isti Ifni Tiani Rawung (Mercedes-Benz)
Best Costume - Geraldora Chytia Bahar (Daihatsu)
Miss Automotive - Mouli Ramadhani (Toyota)
Miss Favourite - Cindythia Putri (Protera Llumar)
Miss Congeniality - Maya Mauren (Astra Financial)
Miss Photogenic - Brenda Immanuella (Audi) (fea)