iPhone Terbaru Diprediksi Punya Layar 'Penuh'

RBC, CNN Indonesia | Rabu, 12/09/2018 21:56 WIB
iPhone Terbaru Diprediksi Punya Layar 'Penuh' Ilustrasi iPhone. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jajaran iPhone generasi terbaru yang rencananya bakal diluncurkan Rabu (12/9) pagi waktu AS atau Kamis (13/9) dini hari waktu Jakarta diprediksi akan mengusung layar penuh (edge-to-edge). Desain baru ini disebut untuk memperkuat posisi Apple di pasar ponsel pintar dunia yang sedang berada di titik jenuh.

"Kejutan besar Apple adalah bagaimana mereka menyediakan layar yang besar dalam sebuah perangkat yang begitu kecil," ujar analis dari Moor Insights & Strategy, Patrick Moorhead, seperti dikutip dari AFP.

"Mereka akan membuat standar baru yang tinggi."


Beragam rumor belakangan beredar terkait fitur baru apa saja yang akan ditawarkan perusahaan yang berbasis di Cupertino, As tersebut lewat produk barunya. Namun seperti biasa, Apple konsisten untuk tetap bungkam dan tak memberikan sedikit pun bocoran mengenai kemunculan iPhone terbaru.

Sejumlah spekulasi mengatakan bahwa Apple akan memperkenalkan tiga varian iPhone baru yang memiliki fitur menyerupai iPhone X. Namun layar edge-to-edge memungkinkan pengguna untuk menikmati tampilan yang 30 persen lebih besar tanpa harus memperbesar ukuran ponsel.

Menurut Moorhead, salah satu iPhone diduga bakal memiliki harga yang sedikit lebih murah dari iPhone X untuk menyasar target pengguna yang tak melulu di kelas premium.

Sedangkan, dua model iPhone lainnya diprediksi akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari iPhone X.

Para analis mengatakan bahwa Apple memiliki formula yang memanfaatkan para pelanggan setia dan penjualan yang stabil. Meskipun penjualan iPhone mulai melambat, keuntungan Apple tetap meningkat karena harga produk-produk iPhone yang cukup tinggi.

Di samping itu, menanggapi pasar ponsel pintar yang berkembangnya semakin lambat, Apple tengah memperbanyak jenis saluran keuntungannya dengan berbagai produk, antara lain peranti lunak (software), layanan, dan gawai-gawainya termasuk jam tangan pintar (smartwatch).

Dalam acara nanti malam, Apple juga diperkirakan bakal meluncurkan Apple Watch generasi baru yang mengalami perubahan desain signifikan dari seri-seri sebelumnya. "Saya pikir dalam jangka panjang jam tangan ini akan menjadi bisnis yang jauh lebih besar daripada saat ini," ujar seorang analis dari NPD, Stephen Barker. (AFP/evn)