Apple Berusaha Hapus Jejak AirPower

RBC, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 04:40 WIB
Apple Berusaha Hapus Jejak AirPower Apple sempat memperkenalkan AirPower tahun lalu. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple dikabarkan tengah berusaha menghapus jejak produk pengisi daya nirkabel (wireless charger) AirPower yang sempat dijanjikan Apple, tetapi hingga saat ini tak kunjung dirilis.

Saat ini satu-satunya jejak AirPower yang terdapat dalam situs resmi Apple adalah di laman penjelasan tentang produk Apple lainnya, AirPods. Pada laman tersebut, terdapat gambar yang menunjukkan bahwa AirPods dapat diisi dayanya menggunakan AirPower yang saat ini belum tersedia.

Tahun lalu, Apple pertama kali memperkenalkan produk AirPower yang merupakan sebuah terobosan di area pengisian daya (charging). Tidak hanya karena ia tak memerlukan kabel untuk mengisi daya gawai, tetapi juga kemampuannya yang diklaim dapat mengisi daya tiga perangkat sekaligus, yakni iPhone, Apple Watch, dan AirPods.


Setelah diumumkan pada peluncuran produk-produk Apple tahun lalu yang meliputi iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X, Apple bungkam dan tak ada kabar lebih lanjut soal AirPower.

Banyak orang memprediksi bahwa AirPower bakal kembali muncul ke permukaan pada acara peluncuran sejumlah produk Apple baru dini hari tadi (13/9), termasuk tiga perangkat iPhone anyar barunya yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Namun, tak satu kali pun AirPower disebut-sebut dalam presentasi Apple.

Jika benar-benar tak akan diluncurkan, AirPower akan menjadi produk pertama yang sempat diumumkan Apple di sebuah gelaran besar dan gagal direalisasikan. Hal ini mengindikasi bahwa ada hal-hal yang memang tak dapat tercapai, bahkan oleh perusahaan raksasa sekelas Apple.

ZDnet sempat berdiskusi dengan sejumlah sumber di industri aksesoris dan pengisian daya perangkat elektronik, dan semua sumber mengklaim bahwa AirPower merupakan sebuah produk yang terlalu ambisius, ditambah lagi dengan perbedaan protokol pengisian daya antara iPhone dan Apple Watch yang membuat kinerja AirPower lebih rumit. (evn)