Apple Banderol Trio iPhone Anyar Mulai dari Rp11 Jutaan

Jonathan Patrick, CNN Indonesia | Kamis, 13/09/2018 16:05 WIB
Apple Banderol Trio iPhone Anyar Mulai dari Rp11 Jutaan Apple membanderol iPhone terbarunya mulai dari Rp11 jutaan. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple pada Rabu (12/9) dini hari tadi merilis tiga iPhone terbaru di  Steve Job Theatre, Cupertino, California, Amerika Serikat.

Menjawab berbagai rumor, Apple menghadirkan Iphone berlayar raksasa, iPhone versi murah, hingga cipset terbaru. Berikut harga ponsel yang dianggap menjadi patokan bagi bisnis ponsel di dunia. 

Varian termahal dengan layar terbesar yakni iPhone XS Max dibanderol dengan harga mulai dari  US$1.099 atau sekitar  Rp16,2 juta. Adiknya, iPhone XS dengan perbedaan dari sisi layar dan kapasitas baterai dipatok mulai dari US$999 atau sekitar 14,7 juta.


Varian termurah dari ketiga ponsel ini, iPhone XR hadir dengan harga mulai dari US$749 atau sekitar Rp11 juta. Perbedaan dengan XS dan XS Max ada dari kamera, baterai, RAM, sertifikasi IP dan layar.

iPhone XR bisa dipesan mulai 19 Oktober dan siap dikirim mulai dari 26 Oktober. Sedangkan iPhone XS dan XS Max bisa dipesan mulai dari 14 September dan siap dikirim 21 September.  

Spesifikasi

iPhone XS Max hadir dengan RAM 4 GB varian ROM 64 GB, 256 GB, dan 512 GB. Ponsel ini diklaim merupakan perangkat dengan berlayar terbesar yang pernah diciptakan dengan teknologi OLED super retina 6,5 inci. 

Selain dari sisi layar, Apple mengklaim diklaim merupakan baterai terbesar yang pernah dibenamkan dan disebut bisa bertahan satu setengah jam lebih lama dibandingkan iPhone X. Sebagai catatan, iPhone X memiliki baterai berkapasitas  2.716 mAh. 

Apple Banderol iPhone Teranyar Mulai dari Rp11 JutaanFoto: REUTERS/Stephen Lam

Sementara itu iPhone XS dibekali RAM dan varian ROM yang sama dengan iPhone XS Max. iPhone XS mengusung layar OLED super retina 5,8 inci dengan baterai yang bisa bertahan setengah jam lebih lama dibandingkan suksesornya iPhone X. 

Baik iPhone XS dan XS Max memiliki sertifikasi IP 68. Dengan demikian, keduanya diklaim aman ketika tenggelam di air dengan kedalaman hingga 2 meter selama 30 menit. 

Kedua ponsel dibekali dengan kamera belakang ganda, dengan sudut lebar beresolusi 12MP dan lensa tele 12 MP, serta kamera selfie beresolusi 7 MP.

Sebagai varian termurah, iPhone XR mengusung layar LCD 6,1 inci. Berbeda dengan iPHone XS dan XS Max, 'sang adik' memiliki pilihan penyimpanan internal yang lebih rendah yakni 64 GB, 128 GB dan 256 GB serta RAM 3 GB yang lebih rendah dibandingkan kedua ponsel.

Di sisi kamera belakang, iPhone XR dibekali kamera tunggal 12 MP dan kamera selfie 7 MP. iPhone XR punya sertifikasi IP 67 yang membuatnya bisa bertahan di air dengan kedalaman hingga 1 meter selama 30 menit.

Dari sisi sumber tenaga, iPhone XR memiliki baterai yang bisa bertahan lebih lama satu setengah jam daripada 8 Plus. Sebagai catatan, iPhone 8 Plus memiliki baterai berkapasitas  2.691 mAh. 

Ketiga ponsel dibekali cipset A12 Bionic teranyar besutan Apple. Cipset memiliki proses pabrikasi 7nm. Cipset A12 memiliki fitur 6-core CPU dan 4-core GPU serta neural engine yang diklaim bisa membabat beban kerja machine learning.

Apple mengklaim cipset yang dipakai 15 persen lebih cepat dan menggunakan 40 persen tenaga yang lebih rendah serta 50 persen lebih efisien penggunaan core. GPU juga bisa mendorong kecepatan saat bermain gim hampir 50 persen lebih cepat.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah iPhone, Apple mengadopsi penggunaan dual-SIM. Ketiga ponsel sudah mendukung dual electronic SIM (eSIM). (evn)