Daftar Lokasi Internet Gratis di Palu dan Donggala

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/10/2018 11:34 WIB
Daftar Lokasi Internet Gratis di Palu dan Donggala Tembok luar Lapas Kelas II A Palu yang roboh diguncang gempa. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan sejumlah tempat yang terkena gempa Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah telah menyediakan WiFi gratis bagi masyarakat.

"Beberapa tempat sudah ada listrik, Telkom sudah mulai buka jaringan. Di Palu ada 10 titik dan menggratiskan WiFinya. Itu harus gratis," kata Rudiantara di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (2/10).

Beberapa tempat di Palu yang memberikan WiFi gratis adalah DPRD Kota Palu, Dinas Kominfo, Dinas PPP, Kantor BPN, Hotel Santika, Jalan Universitas Tadulako, Pantai Mutiara, Bandara Sis Al-Jufri (2 titik), dan Wifi Corner Telkom-WICO.


Sementara itu, kawasan WiFi gratis di Donggala berada di Bappeda, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dinas Pendidikan, DPD, DPRD, Dinas Perhubungan, dan PTSP.

Mengutip laman resmi Kominfo, Wifi gratis lainnya terletak di sejumlah kabupaten seperti Ampana yakni Bank Pembangunan Daerah Sulteng, DPRD Kabupaten Tojo Una Una, dan RSUD Ampana.

Titik lainnya terletak di Bank Mandiri Taspen Kas Luwuk, Kost Pelangi Luwuk, Pengadilan Negeri Luwuk, Taman Tematik Mandiri Marisa, Pegadaian CPP Parigi, Wifi Corner Telkom Tolai Sulteng, dan Bank Pembangunan Daerah Sulteng di Banggai dan Parigi.

Beberapa tempat di Poso juga menyediakan WiFi gratis seperti Smartcity Site Alun-alun Maroso, Smartcity Site RTH Kabupaten Poso, SDN 19 Ampana, SMK Negeri 1 Pamona Utara, dan SMK Negeri 1 Ampana.

"Jadi paling tidak ketika masyarakat ke situ dapat WiFi gratis," tutur Rudiantara.

Rudiantara mengakui jaringan komunikasi di sekitar Palu dan Donggala masih minim. Hal ini karena belum maksimalnya aliran listrik di sana.

"Ini menunggu kembalinya listrik. Listrik harus ada genset. Genset harus ada solar. Solarnya terbatas," ucapnya.

Oleh sebab itu, ia berkoordinasi langsung kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan guna mempercepat penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM). (chri/age)