'Bikers' Petualang Dunia Kumpul di Garut

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 11:48 WIB
'Bikers' Petualang Dunia Kumpul di Garut Horizons Unlimited (HU) - Indonesia 2018 digelar di kawasan Pantai Rancabuaya, Jawa Barat, 11-14 Oktober 2018. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia kembali lagi jadi lokasi berkumpul para biker petualang dunia dalam acara Horizons Unlimited (HU) - Indonesia 2018. Lokasi yang dipilih untuk penyelenggaraan tahun ini di kawasan Pantai Rancabuaya, Garut, Jawa Barat pada 11 - 14 Oktober 2018.

Pada tahun lalu Indonesia pertama kalinya menjadi tuan rumah HU di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada tahun lalu HU merupakan bagian dari World Traveller Meeting yang digagas pasangan petualang bermotor dunia asal Amerika Serikat, yaitu Grant dan Susan Johnson sejak 1997.

Inisiator acara tahun ini di Indonesia adalah Jeffrey Polnaja. Jeffrey merupakan petualang dunia asal Indonesia yang telah mencatat perjalanan bersepeda motor seorang diri ke-97 negara.



HU 2018 didatangi berbagai petualang ternama, selain Grant dan Jeffrey ada juga Steve Crombie bersama pasangannya Amelia dari Australia dan Anita Yusof (Malaysia).

Para legenda biker petualang bermotor tersebut bakal mengisi diskusi dan bertukar pengalaman bersama para biker lain dari dalam dan luar negeri.

Grant berjanji akan menyampaikan segala pengalaman berharga selama berkeliling dunia yang dimulai pada 1987, saat kita belum mengenal internet. Grant juga akan memberi tips dan trik unik melakukan petualangan bermotor.

Sedangkan Steve Crombie and Amelia akan mengisahkan beragam pengalaman menariknya dari Australia menuju Papua Nugini dan Indonesia.

Kemudian Anita Yusof, wanita muslim pertama di dunia yang berkeliling dunia dengan motor, akan mengisahkan pahit getir perjalanan dirinya dari Amerika Serikat menuju Malaysia menggunakan sepeda motor berkapasitas mesin kecil, yaitu 150cc.

Jeffrey akan menumpahkan segala kisah ketika menghadapi bermacam tantangan di perjalanan sepanjang 420.000 km.


"Sejauh ini sudah terdaftar 150 petualang yang hadir. Mereka tidak hanya datang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Beberapa nama akan datang dari Inggris dan Australia, selain Amerika Serikat dan Malaysia," kata Jeffrey melalui keterangan resminya, Rabu (10/10).

Seperti diketahui di Indonesia berkeliling ke berbagai negara menggunakan motor menjadi tren bagi sebagian kalangan.


Sebagai wadah pengguna motor saat ini Ikatan Motor Indonesia (IMI) bisa menerbitkan Carnet De Passage En Douane (CPD). CPD sendiri bisa diartikan menjadi 'paspor' untuk kendaraan

Paspor itu pun berlaku di banyak negara di lima benua, mulai dari Malaysia, Singapura, Bangladesh, Sri Langka, Thailand, India, Pakistan, Jepang, Libanon, Oman, Kuwait, Mesir, Qatar, Uni Emirat Arab, Syiria, Canada, Argentina, Chile, Columbia, Costa Rika, Ekuador, Paraguay, Peru, Uruguay, Venezuela, Italia, Denmark, Finlandia, Yunani, Italia, Turki, Belgia, Botswana, Kenya, Libya, Malawi, Namibia, Afrika Selatan, Sudan, New Zealand dan Australia. (ryh/fea)