Celoteh Netizen Soal Ma'ruf dan Dukungan ke Esemka

Tim | CNN Indonesia
Senin, 15 Oct 2018 16:19 WIB
Ma'ruf Amin secara tegas mendukung Esemka menjadi bagian dari industri otomotif di dalam negeri. Sebuah bangunan di Boyoyali, Jawa Tengah diduga fasilitas pabrik mobil Esemka. (Foto: Dok. Claudea Novitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejak awal kemunculannya, Esemka terus menarik perhatian. Produk mobil yang dimulai dari hasil rakitan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia tersebut seperti tidak habis cerita.

Bahkan calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara tegas mendukung Esemka menjadi bagian dari industri otomotif di dalam negeri. Ma'ruf sangat mendukung Esemka yang pernah melambungkan nama Joko Widodo saat menjabat sebagai Walikota Solo.

Kabar terbaru bahwa Esemka sudah terdaftar di Kementrian Perindustrian (Kemenperin). Kembalinya nama Esemka itu mendapat pelbagai respons dari para netizen.


Salah satu netizen yang berceloteh unik adalah akun milik Firman Ashad, @firmanashad08. "jangan biarkan MA hobi bohong, cukuplah sang junjungannya sj," ucap Firman.

Entah apa yang dimaksud Firman saat mengomentari kabar bahwa Ma'ruf Amin mendukung Esemka menjadi mobil nasional.



Selain Firman, akun lainnya juga ikut mengomentari dukungan Ma'ruf Amin terhadap Esemka.



Pemilik akun @arsanjani4 juga mengomentari miring soal mobil Esemka. Menurut akun milik Arsan Jani itu, Esemka adalah mobil 'siluman' yang tak jelas keberadaannya.



Sebelumnya CNNIndonesia.com memberitakan bahwa pemerintah selalu mendukung pengembangan produk-produk asli Indonesia.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi ketika dikonfirmasi mengenai mobil esemka setelah resmi membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

"Nanti kami lihat. Saya kira tugas pemerintah mendorong agar brand Indonesia bisa berkembang," kata Jokowi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Kamis (19/4).

Esemka disebut-sebut bisa menjadi mobil nasional tapi hal itu belum terealisasi hingga kini. (mik/asa)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER