Ford Mulai Ikut Uji Mobil Otonom di Washington

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 23/10/2018 19:37 WIB
Ford Mulai Ikut Uji Mobil Otonom di Washington Logo Ford. (Foto: REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ford dan perusahaan kecerdasan buatan Argo AI mengumumkan rencana pengujian kendaraan otonom hasil kolaborasi mereka di Washington, Amerika Serikat (AS). Pengetesan ini akan menjadi uji coba mobil otonom pertama yang dilakukan di ibu kota AS itu.

Melansir Engadget, Senin (22/10), Ford bekerja sama dengan pemerintah setempat dan berharap dapat menciptakan lapangan kerja baru di kawasan.

Kerja sama itu dilakukan dengan Akademi Infrastruktur DC di Distrik 8 untuk melatih operator kendaraan yang akan mengawasi masalah mesin serta Distrik 7 akan dijadikan area perekrutan teknisi. Markas operasi Ford akan berlokasi di Distrik 5.


"Baik Ford maupun pemerintah distrik setempat berkomitmen menemukan cara pengoperasian kendaraan otonom yang adil di sekitar wilayah Washington D.C., dan juga menciptakan lapangan kerja baru," terang CEO Ford Autonomous Vehicle LLC Sherif Marakby seperti disiarkan Medium, Senin (22/10).

Menurut Marakby, uji coba ini memungkinkan terjadi di Washington berkat campur tangan Walikota Muriel Bowser. Dia disebut telah menyatakan dukungan atas penggunaan kecerdasan buatan dalam pengiriman makanan maupun sarana transportasi lainnya.

Washington D.C, bagian dari Bloomberg Aspen Initiative on Cities and Autonomous Vehicle adalah kota pertama yang menerapkan teknologi otonom buat pengiriman makanan, dan telah merencanakan diri sebagai pusat pengetesan kendaraan otonom dan teknologi integrasi.

Di luar dukungan Bowser, terdapat insentif politik terhadap peluncuran mobil otonom di Washington D.C. Hal itu tentunya dimanfaatkan Ford untuk mempromosikan mobil otonomnya di hadapan kongres dan tentunya para politisi yang akan mengatur regulasi mobil tanpa pengemudi

Ekspansi ini terjadi hanya beberapa bulan setelah Ford berkolaborasi dengan perusahaan jasa pengiriman Postmates dalam pengetesan mobil otonomnya untuk pertama kali. Pada uji coba yang dilakukan di Miami itu, masih ada pengemudi ada di hadapan kemudi untuk memastikan pengetesan tetap aman. (gfs/fea)