Apple Batalkan Tambahan Pesanan iPhone XR

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 07/11/2018 00:07 WIB
Apple Batalkan Tambahan Pesanan iPhone XR Ilustrasi. (Apple)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple membatalkan tambahan pesanan produksi iPhone XR. Dilansir dari Reuters, Apple telah mengatakan kepada Foxconn dan Pegatron sebagai perakit smartphone bahwa mereka akan menghentikan rencana jalur produksi tambahan untuk iPhone XR.

Kabar ini pertama kali diberitakan oleh Nikkei. Tak lama setelah kabar tersebut, saham Apple langsung anjlok 4 persen. Pasalnya, muncul kekhawatiran iPhone termurah dari tiga tipe ini mengalami pelemahan pesanan setelah meluncur ke pasaran.

Nikkei pun sempat memberitakan Apple juga meminta perakit iPhone yang lebih kecil yakni Wistron untuk bersiap-siap untuk pesanan mendadak. Tetapi perusahaan itu tidak akan menerima pesanan untuk iPhone XR musim ini.
"Untuk Foxconn, pertama kali disiapkan hampir 60 lini perakitan untuk model XR Apple, tetapi baru-baru ini hanya menggunakan sekitar 45 lini produksi karena pelanggan utamanya mengatakan tidak perlu memproduksi yang banyak sekarang," kata Nikkei mengutip satu sumber.


Apple dianggap sebagai pelanggan terbesar untuk Foxconn, yang secara resmi dikenal sebagai Hon Hai Precision Industry Co.

Pada 2016, Apple memperkenalkan iPhone yang lebih murah yang disebut SE, dengan harga awal US$399 (Rp5,9 juta) tetapi gagal memikat lebih banyak pelanggan untuk membeli produk itu. (age/age)