Spesifikasi Triton Baru, Debut Dunia di Thailand

CNN Indonesia | Jumat, 09/11/2018 12:57 WIB
Spesifikasi Triton Baru, Debut Dunia di Thailand Mitsubishi Triton generasi keenam dikenalkan di Thailand pada Jumat (9/11). (Foto: Detikcom/M Luthfi Andhika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Triton generasi keenam dikenalkan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) di Thailand hari ini Jumat (9/11), sekaligus merayakan ulang tahun Triton ke-40 di tahun ini. Perbedaan paling bisa dirasakan di bagian depan yang kini diduga mirip desain MPV Xpander.

Menurut rencana MMC, pikap Triton baru mulai dijual di Thailand pada Sabtu (17/11), menyusul di pasar ASEAN lainnya, begitu juga Oceania, Timur Tengah, Eropa, Afrika dan Amerika. Triton dijual di 150 negara di seluruh dunia.

"Saya sangat yakin bahwa New TRITON/L200 akan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari para pelanggan kami diseluruh dunia," kata CEO MMC Osamu Masuko dalam keterangan resmi.


Bagi MMC, pikap Triton atau L200 adalah model strategis global terpenting dan kesuksesannya akan mempercepat momentum pertumbuhan berkelanjutan dari perusahaan.

Eksterior

Menggantikan Triton generasi kelima yang diluncurkan pada 2015, Triton baru ini menerapkan konsep "Rock Solid" yang meliputi, desain luar dan dalam. Bagian depan menyajikan konsep baru, yaitu "Dynamic Shield", yang menjadi ciri khas mobil-mobil Mitsubishi dan menggabungkan desain lampup ala Xpander.

Klaim perusahaan. bagian sampingnya menyuguhkan garis-garis tajam yang kontras, rumah roda depan dan belakang lebih besar guna mengejar kata tangguh.

Interior

Sedikit informasi perubahan dari bagian kabin penumpang. Namun disebut Mitsubishi telah menghadirkan kenyamanan baik ketika penumpang duduk dan saat pengendara menentukan arah kendaraan.

Fitur penunjang

Sebagai 'mobil pekerja keras', pikap Triton terbaru tetap menyimpan penggerak 4WD dilengkapi dengan fitur Super-Select 4WD guna menunjang pergerakannya di medan berat. Ada juga fitur Easy-Select 4WD. Fitur ini menyederhanakan perpindahan antara mode berkendara untuk permukaan jalan yang berbeda. Dengan penambahan mode penggerak baru, kedua sistem 4WD menghasilkan kinerja offroad yang lebih baik.

Penggabungan kedua fitur ini lebih lengkap dengan pilihan pengaturan gravel, mud/snow, sand and rock (tipe 4LLc). Selain mengatur pergerakan gardan, mode offroad secara bersamaan mengontrol tenaga mesin, transmisi dan pengereman agar tidak menambah slip yang terjadi pada roda-roda. Ini belum termasuk penggunaan Hill Descent Control untuk menghindari mobil tergelincir di jalan menurun.

Sistem keamanan aktif

Sebagai pesaing Toyota Hilux dan Nissan Navara, pikap Triton telah tersedia sistem keamanan dan bantuan pengemudi. Berikut sistem yang tersedia.

1. Forward Collision Mitigation (FCM), yang dapat mendeteksi kendaraan dan pejalan kaki di depan.
2. Blind Spot Warning (BSW dengan LCA), yang dapat mendeteksi kendaraan di belakang dengan memberi peringatan pengemudi dengan suara dan lampu berkedip di kaca spion samping.
3. Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dengan cara yang sama membantu menghindari tabrakan ketika melakukan putar balik.
4. Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS) yang mengurangi kecelakaan dari penggunaan akselerator yang tidak tepat saat bergerak atau mundur di tempat parkir dan ruang terbatas lainnya.

Belum ada informasi terkait ketersediaan mesinnya, namun merunut model lawas yang dijual di Indonesia cuma ditawarkan mesin DOHC 2.477 cc 16 valve, direct diesel injection, intercooler dan turbocharger. (mik)