Nintendo Wii Setop Layanan Netflix 31 Januari 2019

CNN Indonesia | Selasa, 13/11/2018 07:48 WIB
Nintendo Wii Setop Layanan Netflix 31 Januari 2019 Ilustrasi. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nintendo akan memberhentikan fungsi streaming dalam perangkat Wii pada 31 Januari 2019 mendatang. Netflix telah mengirim email kepada pelanggan dan memposting pemberitahuan peringatan bahwa Nintendo akan menangguhkan Netflix dan layanan video streaming lainnya di Wii setelah tanggal 31 Januari 2019.

Dilansir dari Endgadget, penutupan akan datang bersamaan dengan penutupan saluran Wii Shop dan menunjukkan bahwa konsol era 2006 tidak bisa digunakan lebih dari game offline yang sudah dimiliki.

Netflix tidak memiliki alternatif selain mengarahkan pengguna ke perangkat keras yang lebih baru.
"Kami berharap Anda akan segera menikmati pengalaman Netflix yang lebih baik dengan fitur tambahan pada perangkat yang didukung," ujar juru bicara Netflix, Senin (12/11).


Saat ini Wii berusia 12 tahun dan Nintendo memulai secara bertahap menutup saluran pada tahun 2013. Nintendo sendiri sedang gencar memasarkan Switch sejak Maret 2017 lalu. Pasalnya, perangkat gim baru ini dinilai membawa berkah bagi industri gim konsol. Merujuk data yang dihimpun oleh NPD Group, penjualan konsol naik berlipat ganda dari tahun sebelumnya.

"Belanja konsol di Januari 2018 tumbuh 119 persen dibanding tahun lalu menjadi US$278 juta," kata analis NPD Mat Piscatella seperti dikutip dari laman Venture Beat, Kamis (21/2).
Menurut Piscatell, pertumbuhan tersebut dimotori oleh tiga konsol utama di pasar yakni PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

Dari data yang mereka himpun, ketiga konsol memegang rekor tersendiri. Switch misalnya, memegang rekor jumlah unit paling banyak terjual selama Januari 2018.

Sementara PlayStation 4 mendapat predikat penjualan terbanyak ketika dikonversi dalam uang. Bahkan selisih antara konsol Sony ini dengan peringkat tiga di kategori penjualan ini hanya tiga persen saja.

"PlayStation 4, Switch, dan Xbox One mengalami performa yang bagus selama Januari," imbuh Piscatella. (age/age)