Lapak Baru Pameran Modifikasi Digelar di Jakarta

CNN Indonesia | Sabtu, 17/11/2018 17:43 WIB
Lapak Baru Pameran Modifikasi Digelar di Jakarta Indonesia Modification Expo (Imx) 2018. (Foto: CNNIndonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Acara baru Indonesia Modification Expo (Imx) yang digelar di Balai Kartini, Jakarta, resmi dibuka pada Sabtu (17/11). Pameran yang menyuguhkan dunia kreatif ini diklaim penyelenggara sebagai platform baru pameran modifikasi di Indonesia.

Penyelenggara Imx, National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), disebut platform baru karena tidak hanya melibatkan pemodifikasi lokal, tetapi juga merek-merek aftermarket dalam dan luar negeri, pemegang merek mobil, komunitas, dan praktisi modifikasi asing dari Amerika Serikat (AS) dan Jepang.

"Kami berharap acara ini bisa memenuhi ekspektasi para pelaku di dalamnya dan bermanfaat untuk perkembangan modifikasi ke depannya. Dengan Imx kami yakin modifikasi dan aftermarket bakal menjadi industri yang menjanjikan," kata Andre Mulyadi, Project Director Imx 2018, dalam sambutannya pada seremoni pembukaan.


Pembukaan Imx mendapat perhatian dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Acara ini dihadiri Harjanto, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin dan Putu Juli Ardika Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin.

Harjanto mengatakan Imx bisa jadi penyemangat buat para inovator di dalam negeri menciptakan produk-produk baru. Dia menjelaskan pemerintah akan mendorong dalam bentuk fasilitas buat para starup dengan orientasi ekspor.

Imx diharapkan bisa jadi acara tahunan yang mendampingi dua pameran otomotif reguler di dalam negeri, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

"Industri otomotif saat ini merupakan salah satu kontributor utama untuk mendorong pemerintah melakukan ekspor. Saya pikir ini timing yang pas, jadi bisa encourage teman-teman muda membuat invovasi menciptakan produk baru yang membuat kendaraan lebih inovatiff, efisien dan lebih berdaya saing," ucap Herjanto dalam sambutannya.

Imx digelar selama dua hari. Berbagai macam hasil kreatif ditampilkan, misalnya modifikasi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), Daihatsu Xenia dengan mesin V8, kolaborasi Datsun dengan merek sepatu lokal, penampilan Toyota 86 hasil kolaborasi dengan tuner AS. Total ada 50 mobil modifikasi yang dipamerkan.

Bukan cuma produk, IMX 2018 juga diisi acara seminar yang melibatkan narasumber pemodikasi internasional. Interaksi ini diharapkan jadi bekal ilmu penting buat pemodifikasi lokal mengembangkan diri. (fea/mik)