Dikenalkan di Jakarta, BMW M2 Belum Ada Harga

Tim, CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 09:00 WIB
Dikenalkan di Jakarta, BMW M2 Belum Ada Harga All-new BMW M2 Competition menyapa calon konsumennya di Eurokars Gallery, Plaza Indonesia, Jakarta pada Sabtu (24/11). (Foto: Dok. BMW Group Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- All-new BMW M2 Competition menyapa calon konsumennya di Indonesia melalui Eurokars Gallery, Plaza Indonesia, Jakarta pada Sabtu (24/11). M2 adalah sports car kompak merupakan perpaduan antara coupe performa tinggi dari keluarga BMW M dengan mempertahankan karakter berbeda dari BMW M4 Coupe yang ikonik.

Menurut pihak BMW Group Indonesia, mobil dengan mesin performa tinggi tersebut baru akan diumumkan harganya dalam waktu dekat. Saat ini BMW Indonesia tengah mengurus perizinan homologasi. Sebagai pembanding, M2 Competitiion dijual mulai Rp 871,4 juta untuk konsumennya di Eropa.

"Pembaharuan utama pada BMW M2 Competition terletak pada mesin baru dari kendaraan BMW M3/M4. Saya yakin All new BMW M2 Competition merupakan kendaraan terkuat dalam segmen kendaraan sports kompak yang tidak hanya akan menarik perhatian penggemar BMW M, namun juga para penggemar sports car secara umum," ujar President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan dalam keterangan resmi.


Mesin BMW M2 Competition mengandalkan teknologi BMW M TwinPower Turbo mampu hasilkan tenaga 410 tenaga kuda antara RPM 5.250-7.000. Torsi puncak yang mampu dihasilkan adalah 550 Nm antara RPM 2.350-5.200.

Klaim BMW, mobil mampu mencatat 0-100 km per jam dalam waktu 4,2 detik untuk M DCT dan 4,4 detik untuk manual gearbox 6-percepatan -untuk pertama kalinya kedua pilihan transmisi ini tersedia untuk pasar Indonesia. Kecepatan maksimal mobil ini dibatasi secara elektronik hingga 250 km per jam.

Bagian depan mobil masih menyimpan 'kidney grille' yang diperbesar serta bumper dengan lubang udara yang lebih besar. Kidney grille ini dilapisi dengan finishing highgloss Shadow Line warna hitam sebagai standar. Kehadiran BMW M Competition Badge berwarna gelap di bagian belakang mempertajam desain kendaraan ini. Desain double-arm wing mirrors juga makin memaksimalkan aerodinamik kendaraan.

Fitur Penunjang di Lintasan Balap

Mode M Dynamic Mode (MDM) yang terintegrasi Dynamic Stability Control (DSC) tersedia pada model BMW M2 Competition, memudahkan pengemudi untuk mengontrol kemampuan drift di sirkuit.

Namun, dalam situasi tertentu - misalnya pengemudian sporty dan dinamis di lintasan balap - putaran tenaga berlebih pada as roda belakang dapat menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Di sini, MDM diaktifkan secara otomatis dalam mode SPORT+ atau dapat diaktifkan dengan menekan tombol DSC, fitur ini memungkinkan adanya slip yang lebih lebar. Batasan toleransi stabilitas DSC diperluas untuk memberikan kebebasan bagi pengemudi untuk mengukur batas kemampuannya.

Dynamic Stability Control (DSC) telah sepenuhnya dikalibrasi ulang. Pada All new BMW M2 Competition, kontrol elektronik yang lebih presisi memastikan traksi yang lebih baik dan memudahkan pengendalian di jalanan basah dan licin, sekaligus memungkinkan traksi yang dibutuhkan tidak menganggu saat pengemudi melakukan drift.
BMW M TwinPower Turbo mampu hasilkan tenaga 410 tenaga kuda antara RPM 5.250-7.000BMW M TwinPower Turbo mampu hasilkan tenaga 410 tenaga kuda antara RPM 5.250-7.000. (Foto: Dok. BMW Group Indonesia)
Hal ini ditunjang oleh Active M Diifferential, sebuah multi-plate limited-slip differential yang mengoptimalkan traksi dan memaksimalkan stabilitas tingkat presisi pengemudian dan penyaluran tenaga.

Tingkat penguncian bervariasi antara 0 hingga 100 persen sesuai dengan situasi berkendara serta merespon sudut kemudi, posisi akselerator, tekanan pada rem, torsi mesin, kecepatan pada roda dan kemiringan kendaraan. Unit kontrol menggunakan analisis ini sehingga kendaraan dapat mendeteksi kurangnya traksi pada salah satu sisi kendaraan dan dapat perhitungkan tingkat penguncian yang dibutuhkan, melalui kontrol motor elektrik.

Tingkat kekuatan penguncian maksimal adalah 2.500 Nm dalam 150 milidetik. Sistem ini mencegah roda berputar di kondisi ekstrim seperti permukaan jalan yang licin atau ketika dua roda belakang alami perbedaan signifikan pada koesifien fraksi. (mik)