Mobil 'Offroad' Kakap Mercy Meluncur di Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 26/11/2018 18:08 WIB
Mobil 'Offroad' Kakap Mercy Meluncur di Indonesia Mercedes-AMG G63 Edition 1. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Generasi kedua G-Class dijual di Indonesia. Model offroad kelas kakap ini bukan dibawa masuk pemegang merek Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), melainkan oleh importir umum (IU) Prestige Image Motorcars.

Model yang ditawarkan Prestige langsung varian paling top, yaitu Mercedes-AMG G63 Edition 1 yang punya pernak-pernik tambahan pada eksterior dan interior.

Presiden Direktur Prestige Image Motocars Rudy Salim menjelaskan mobil ini dilego Rp6,7 miliar off-the-road alias belum termasuk pajak-pajak agar bisa dikendarai legal di jalanan.


Rudy mengatakan G63 Edition 1 hanya diproduksi selama 12 bulan setelah generasi kedua G-Class mulai diproduksi massal, setelah itu tidak ada lagi. G-Class diketahui telah mendebut pada Februari lalu.

Status langka itu yang bikin Prestige tertarik menjualnya di dalam negeri. Sebelumnya Prestige lebih sering menawarkan model-model eksotis macam Ferrari, Lamborghini, Aston Martin, dan Tesla.


(Foto Blm) Mobil 'Off-road' Kakap Mercy Meluncur di IndonesiaMercedes-AMG G63 Edition 1. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
"Komitmen kami memang menjual mobil limited edition. Ingat, tahun kedua sudah tidak diproduksi lagi, jadi produksinya dimulai pada tahun pertama," kata Rudy saat peluncuran di dealer Prestige di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Senin (26/11).

G63 Edition 1 menggendong mesin biturbo V8 4.000 cc. Tenaga yang dihasilkan 577 tenaga kuda dan torsi 850 Nm yang disalurkan via transmisi 9-percepatan ke semua roda.

Walau dimensinya bongsor dengan berat 2.585 kg, mobil ini sanggup dipacu hingga 240 km per jam. Catatan waktu 0-100 km per jam ditempuh dalam 4,4 detik.

Rudy mengungkap sudah dua unit G63 Edition 1 dibeli konsumen, yaitu orang kaya asal Jakarta dan Surabaya.

"Kami memang bukan spesialis SUV, tapi ini juga termasuk supercar. Kami berharap bisa meningkatkan pasar dan konsumen baru. Kami cari peluang dan akhirnya masukin mobil ini," ucap Rudy.


(Foto Blm) Mobil 'Off-road' Kakap Mercy Meluncur di IndonesiaMercedes-AMG G63 Edition 1. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Cari Diskon dari Inggris

G63 Edition 1 didapat Prestige dari salah satu dealer Mercy di Inggris. Menurut Rudy dengan cara itu unit bisa didapat lebih murah ketimbang harus bekerja sama dengan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Indonesia atau prinsipal Mercy di Jerman.

"Inggris itu negara paling bisa dapat diskon karena kuantitasnya banyak. Makanya saya ambil dari sana. Ya bisa sampai dua persen diskon," ucapnya.

Rudy membocorkan informasi soal status G63 Edition 1 di Indonesia. Dikatakan model yang sama bakal dijual di Indonesia melalui MBDI, namun tidak disebutkan kapan.

"Mereka (MBDI) juga setahui saya akan masukin, cuma belum tahu kapan. Tapi yang pasti akan masukin juga," kata Rudy. (ryh/fea)


BACA JUGA