Hascar Ambil Alih Jeep dari Garansindo

CNN Indonesia | Senin, 03/12/2018 01:43 WIB
Hascar Ambil Alih Jeep dari Garansindo Generasi baru Jeep Wrangler. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perwakilan Fiat Chrysler Automobiles (FCA) di Indonesia kini dipegang entitas baru. Hascar Internasional Motor mengumumkan pada Sabtu (1/12) bahwa mereka adalah Agen Pemegang Merek (APM) FCA yang baru, menggantikan pihak sebelumnya, Garansindo.

Kabar ini melanjutkan informasi sebelumnya bahwa bisnis sepeda motor Peugeot yang dipegang Garansindo telah diambil alih oleh Stokeswood Group. Di Indonesia Motorcycles Show 2018, nama Peugeot Scooters Indonesia yang terafiliasi dengan Garansindo diganti menjadi Peugeot Motocycles Indonesia.

CEO Hascar, Ari Utama, mengungkap, pihaknya sudah mengakuisisi Garansindo International Motor untuk mengambil alih keagenan FCA yang menaungi merek-merek seperti Jeep, Fiat, dan Alfa Romeo di Indonesia. Setelah itu, sesuai akte perusahaan, Hascar dikatakan berdiri pada Oktober 2018.


Hascar didirikan khusus untuk diajukan ke prinspial FCA di Amerika Serikat (AS) sebagai pemegang bisnis di Indonesia. Pengajuan diterima oleh FCA dengan menunjuk Hascar sebagai general distributor.

"Sebenarnya momen ini kami tunggu-tunggu. Desember ini kami juga disahkan dari prinsipal sebagai APM dan [hari ini] kami juga pakai juga untuk meluncurkan New Wrangler," ucap Ari.

Wrangler Mesin Turbo

Peluncuran generasi terbaru Wrangler menjadi simbol titik nol FCA, atau secara khusus merek Jeep, di Indonesia. SUV ikonis AS ini punya banyak hal baru yang sanggup memikat banyak orang di dalam negeri.

Misalnya, mesin baru 4-silinder 2.000 cc turbocharged dengan tenaga 270 tenaga dan torsi 400 Nm, jadi perhatian khusus pecinta Jeep yang sebelumnya hanya kenal mesin berkapasitas besar. Masih ada fitur lainnya seperti atap dan pintu alumunium yang bisa dicopot, transmisi 8-percepatan, monitor layar sentuh 8,4 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, dan tombol start/stop.

Hascar menjual Wrangler tipe bodi Sport (Rp1,19 miliar - Rp1,39 miliar), Sahara (Rp1,49 miliar), dan Rubicon (Rp1,49 miliar - Rp1,59 miliar). Semua harga itu off the road.

Peluncuran ini juga menandai kerja sama Hascar dengan mitra dealer, secara simbolis satu unit diserahkan kepada konsumen di atas panggung. Sebelumnya, tanpa dealer, Hascar sudah menjual Compass (Rp539 juta off the road) yang diimpor dari India.

Per Desember, Ari menjelaskan Hascar sudah memiliki beberapa dealer. Di antaranya terletak di kawasan Pondok Indah, BSD, Medan, Surabaya, Makassar, dan Bali

Ari mengungkap 30 unit batch impor pertama Wrangler dari AS, masing-masing sudah punya pemilik. Masih ada konsumen yang belum mendapatkan jatah unit, dikatakan bakal didistribusikan pada tahun depan.

"Tadinya pengajuan 70 unit awalnya, cuma karena setir kiri booming [di AS], setir kanan ditunda, jadi dipotong 30 unit, bulan desember. Ini sudah laku semua sebelum launching," kata Ari.

Pengembangan Bisnis

Ari mengungkap saham dominan kepemilikan Hascar dimiliki oleh Sri Hascaryo, pecinta off-road dan mantan Ketua JK Owners Indonesia. Sedangkan Ari, Sekretaris Jendral JK Owners Indonesia saat Hascaryo menjabat, mengakui juga memiliki saham, namun disebut minoritas.

Tahun depan, Hascar menargetkan bisa menjual total 559 unit. Target itu bukan hanya buat merek Jeep tetapi untuk merek FCA lainnya. Tahun depan, Ari mengatakan bakal mulai menata produk-produk merek Fiat dan Alfa Romeo untuk dijual di dalam negeri. (fea)


BACA JUGA