Lima Langkah Amankan Perangkat dari Aplikasi Malware

CNN Indonesia | Kamis, 06/12/2018 09:40 WIB
Ilustrasi malware. (AFP PHOTO / DAMIEN MEYER)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google Play Store sudah terbukti tidak aman dari peredaran aplikasi-aplikasi berisi malware. Apabila menginstall aplikasi berisi malware, perangkat bisa 'lemot' secara mendadak karena menggunakan data berlebihan atau menunjukkan data-data yang terkorupsi.

Dilansir dari Digitaltrends, ada beberapa langkah untuk menyingkirkan aplikasi malware ini. Apabila pengguna masih bisa mengakses perangkat, pertolongan pertama adalah harus menghapus aplikasi tersebut.

Berikut lima langkah amankan perangkat dari aplikasi malware
Matikan Perangkat


Langkah pertama adalah pengguna harus mematikan perangkat untuk mencegah infeksi yang lebih parah. Mungkin ini tidak menghentikan malware tapi bisa mengurangi dampak yang lebih parah karena mencegah malware untuk mengakses ke jaringan terdekat.

Kemudian pengguna mempunyai waktu untuk berpikir dan mencari tahu malware ini. Pengguna bisa berpikir dan mengingat kembali aplikasi mana yang berisi malware.

Atau apakah ada perangkat lunak yang diunduh tanpa persetujuan. Kalau anda tidak mengetahui aplikasi mana yang berisi malware, maka anda tidak bisa menghilangkan malware ini.
Kalau anda tidak mengetahui aplikasi mana yang berisi malware, pengguna bisa langsung menginstall aplikasi anti-malware. Aplikasi ini bisa mengidentifikasi masalah dan bisa menghapus perangkat lunak yang berisi malware. (jnp/age)

1 dari 3