Wagon R Bakal Tersedia Opsi Listrik, CNG dan LPG

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/12/2018 19:36 WIB
Wagon R Bakal Tersedia Opsi Listrik, CNG dan LPG Ilustrasi logo Suzuki. (Foto: REUTERS/Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suzuki Wagon R generasi terbaru bakal meluncur di India pada Januari 2019. Mobil ini dikabarkan bakal memiliki empat pilihan mesin, yaitu bensin, Compressed Natural Gas (CNG), Liquefied Petroleum Gas (LPG), hingga murni listrik.

Belum disebutkan detail dari tiga pilihan mesin baru itu. Tapi yang pasti, khusus Wagon R listrik, perusahaan diperkirakan bakal meluncurkannya pada 2020 karena hingga kini mobil tersebut masih dalam tahap pengujian internal. Sebelumnya Maruti Suzuki memproduksi sebanyak 50 purwarupa Wagon R listrik di fasilitas produksi di Gurgaon, India.

Sementara untuk mesin bensin 1.000 cc masih sama seperti saat ini, yakni mesin tiga silinder dengan semburan daya sebesar 67 tenaga kuda dan torsi 90 Nm.


Mesin bensin tersedia dengan dua pilihan transmisi yaitu manual lima kecepatan, dan transmisi AMT lima percepatan. Khusus CNG dan LPG hanya ada pilihan manual lima percepatan.

Mengutip Rushlane, Rabu (26/12) semua generasi baru Wagon R akan mulai diproduksi pada awal Januari 2019 di pabrik Maruti Suzuki di Manesar.

Wagon R terbaru dibangun menggunakan platform heartect, sama seperti yang dipakai Swift, DZire, Ertiga dan Baleno. Wagon R diakui dimensinya bakal menjadi lebih panjang dan lebar dari saat ini.

Lalu fitur yang tersedia di dalam kabin mulai sistem hiburan layar sentuh smartplay dengan Apple Carplay dan Android Auto. Kemudian fitur lain ada kontrol yang dipasang pada lingkar kemudi, setir bisa disetel naik turun, power windows, AC otomatis, dan lain sebagainya.

Wagon R diketahui menjadi salah satu model terlaris Maruti Suzuki di India. Dan generasi baru mobil tersebut diharapkan dapat mengerek penjualan Suzuki di India. Model baru Wagon R juga diharapkan Maruti dapat menjegal Hyundai Santro generasi kedua yang baru saja diluncurkan.

Model baru ini diharapkan bisa mendongkrak penjualan nasional Maruti Suzuki yang selama ini dihantui Toyota dan Hyundai serta Tata Motors. (ryh/mik)