CES 2019

Kecerdasan Buatan Alibaba Pukau Produsen Otomotif Jerman

tim, CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 16:57 WIB
Kecerdasan Buatan Alibaba Pukau Produsen Otomotif Jerman Ilustras. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- BMW dan perusahaan teknologi asal China, Alibaba mengumumkan kerja sama di bidang otomotif. Rencana ini diungkap kedua perusahaan pada pameran Consumer Electronics Show (CES) 2019 yang berlangsung di Las Vegas mulai 8-11 Januari.

Kolaborasi BMW dan Alibaba menciptakan mobil pintar. Dengan kerja sama ini mobil-mobil BMW nantinya bisa diperintah menggunakan pengeras suara lansiran Alibaba A.I Labs, Tmall Genie.

Sebelumnya, Alibaba A.I. Labs menggandeng produsen otomotif Daimler, Audi, dan Volvo Cars. Speaker dari Tmall Genie disebut serupa Amazon Echo atau Google Home Smart Speaker.


Speaker ini ditanam oleh asisten suara AliGenie. Asisten suara ini serupa Alexa di Amazon Echo, Bixby di smartphone Samsung, atau Siri di iPhone.

Mengutip ZDNet, buah kerja sama Alibaba dan BMW sudah mulai bisa dinikmati pada akhir 2019.

"Dengan integrasi Tmall Genie Alibaba dalam kendaraan BMW di China, kami menambahkan ekosistem digital, yang akan membuka kemungkinan baru yang dapat diakses pelanggan dengan cepat dan aman dari mobil," kata wakil Presiden Senior Layanan Digital dan Produk BMW Group Dieter May.

"Perkembangan ini melihat BMW mencapai tonggak baru di China dalam hal konektivitas cerdas antara kendaraan pelanggan dan kontak digital mereka," sambung May.

Alibaba AI Labs sebelumnya sudah meluncurkan Auto Artificial Intelligence AI + Car tahun lalu. Kecerdasan buatan tersebut dirancang agar dapat terintegrasi dengan Tmall Genie melalui cloud.
Perangkat teknologi tersebut juga memungkinkan pengendara untuk berbicara kapan saja dengan mobilnya melalui speaker pintar. Kelebihan lain, teknologi ini bisa membuat pengemudi merencanakan rute, menghitung waktu perjalanan, hingga menghitung penggunaan bahan bakar.

"Kami meluncurkan solusi 'AI + Car' tahun lalu yang bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih cerdas dan terhubung untuk pengguna mobil di China melalui interaksi suara," kata VP of Alibaba Group, Kepala Alibaba AI Labs Miffy Chen.

Sebelum BMW, diketahui Ford juga sudah meneken perjanjian bersama Alibaba pada Desember lalu untuk mengenalkan layanan baru di industri otomotif China. Sementara Alibaba mengklaim telah menjual lebih dari 5 juta unit Tmall Genie sejak diluncurkan pada 2017. (ryh/mik)