Konsep DN Multisix Bukan Penerus Xenia

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 11:32 WIB
Konsep DN Multisix Bukan Penerus Xenia Mobil konsep Daihatsu DN Multisix. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil konsep DN Multisix yang pernah dipajang Daihatsu di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 merupakan cikal bakal produk MPV baru. Konsep itu, yang kemungkinan berpenggerak roda depan, dipastikan Astra Daihatsu Motor (ADM) bukan rancangan generasi baru Xenia.

Menurut Product Planning Division Research and Development (RnD) Astra Daihatsu Motor (ADM) Ryan Ferdiean Tirto, DN Multisix sedang dikembangkan agar bisa diproduksi massal.

"Jadi nanti, sedang kami siapkan lagi. Beda dengan ini (Xenia), itu (DN Multisix) mobil beda. Ditunggu saja. Kami belum bisa ngomong banyak tapi sedang dikembangkan dan pokoknya arah tetap ke MPV," kata Ryan di acara peluncuran Xenia 2019 di BSD, Tangerang, Selasa (15/1).


Keputusan mengganti desain Xenia hanya dengan kadar facelift dikatakan berdasarkan hasil survei internal Daihatsu. Basis desain Xenia, yaitu sasis unibody dan berpenggerak roda belakang, dipertahankan. Sedangkan yang diubah dari sisi estetika, kepraktisan, dan fitur-fitur tambahan.

Ryan mengatakan ubahan minor pada Xenia 2019 sudah sesuai keinginan masyarakat.

"Jadi berdasarkan perhitungan pasar tahun lalu, ternyata Xenia permintaan masih cukup kuat. Sehingga kami lakukan survei pasar dan lakukan minor change. Ini yang sudah kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar," ucap Ryan.


Konsep DN Multisix Bukan Penerus XeniaInterior mobil konsep DN Multisix. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Produk Kolaborasi Baru Daihatsu-Toyota

Wakil Presiden Direktur ADM Pongky Wibowo sebelumnya sempat berbicara mengenai model baru yang akan dikembangkan Daihatsu. Produk baru itu disebut Pongky hasil kolaborasi dengan Toyota.

Bahkan, Pongky bilang ada rencana investasi tambahan demi menyambut produk baru, tetapi belum sampai tahap finalisasi.

Salah satu hal yang masih jadi pertimbangan yaitu, produk baru tersebut bakal diproduksi Daihatsu di Indonesia. Masalahnya, saat ini kapasitas pabrik sudah penuh.

Kerja sama Daihatsu dan Toyota di Indonesia sudah menghasilkan empat produk, yaitu Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, dan Calya-Sigra.

Pongky tidak menyebut spesifik identitas produk kolaborasi terbaru yang dimaksud, namun kecenderungannya mengarah ke versi produksi massal DN Multisix.

Executive General Manager Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto pernah menyebutkan bahwa produk baru Avanza bakal lebih dari sekadar ganti emblem. (ryh/fea)