Milenial Sambut Kebebasan Ahok dengan Riuhkan Twitter

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/01/2019 17:49 WIB
Milenial Sambut Kebebasan Ahok dengan Riuhkan Twitter Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dinyatakan bebas murni pada Kamis (24/1). (Foto: Tim BTP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebebasan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada Kamis (24/1) dari Rumah Tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat disambut netizen dengan riuh. Sejak Kamis pagi setidaknya ada lima tagar dalam daftar trending topik Twitter di seluruh Indonesia.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang mencatat sekitar 82,5 persen pengguna Twitter yang mencuitkan kebebasan Ahok merupakan generasi milenial berusia 18-35 tahun.

"Ada 84.397 percakapan di Twitter, 25,926 akun manusia. Sebanyak 82,5 persen usia milenial," terang Rustika kepada CNNIndonesia.com lewat pesan singkat.


Berdasarkan demografi, Rustika menjelaskan 59 persen diantaranya merupakan laki-laki dan sisanya perempuan.

Dilihat dari lokasi, 59,5 persen netizen berasal dari DKI Jakarta, 11,4 persen dari Jawa Barat, 8,6 persen Jawa Timur, dan sisanya dari kota-kota lain di Indonesia.

Lima tagar yang digunakan pengguna Twitter untuk menyambut kebebasan Ahok yang tercatat ada 60.603 cuitan menggunakan tagar #WelcomeBackBTP, #AhokBebas sebanyak 13.899 cuitan, dan #BTPPulang 14.944 cuitan.

"Sentimen negatif 18,4 persen. Sisanya positif dan netral. Emosi terbesar 'joy', anticipation, disgust dan trust," lanjut Rustika.

"Emosi negatifnya berasal dari kata-kata yang negatif. Mengantisipiasi harapan Ahok kembali ke politik, bisa berguna bagi bangsa."

Sejak Kamis pagi, tagar seperti #WelcomeBackBTP, #AhokBebas, #BTPPulang, dan #PakAhok wara-wiri di lini masa Twitter hingga menjadi topik yang paling dicuitkan.

Ahok, pria yang kini lebih memilih dipanggil BTP dinyatakan bebas setelah mendekam di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat setelah dinyatakan bersalah dalam kasus penistaan agama. Vonis dijatuhkan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Mei 2017 lalu. (kst/evn)