BMW X4 Baru Meluncur di Indonesia

tim, CNN Indonesia | Kamis, 07/02/2019 14:48 WIB
BMW X4 Baru Meluncur di Indonesia Foto: bmwusa.com
Jakarta, CNN Indonesia -- BMW X4 model terbaru resmi meluncur di Indonesia, Kamis (7/2). Model generasi kedua yang sudah dijual sejak tahun lalu di pasar global ini melengkapi pilihan SUV BMW selain X1, X2, X3, X5, dan X6 yang sudah tersedia di dalam negeri.

Hanya ada satu varian yang ditawarkan BMW Group Indonesia, yaitu xDrive30i M Sport X yang kemasannya dikatakan terinspirasi dunia balap reli. Penampilan eksteriornya lebih 'galak' dari versi standar dengan kelengkapan berwarna frozen grey khas reli pada side skirt, diffuser belakang, dan intake di area depan.

Dibanding generasi pertama, X4 terbaru lebih panjang 81 mm, lebih lebar 37 mm, dan merendah 3 mm. Dimensi X4 sekarang panjang 4.752 mm, lebar 1.918 mm, dan tinggi 1.662 mm. Insinyur BMW juga telah memperpanjang wheelbase sebanyak 54 mm, ukurannya kini 2.864 mm.


Di kabin ada beberapa sentuhan divisi sport BMW M, yaitu pada pelapis kulit kemudi, jok, dan berbagai ornamen pada dasbor dan pintu. Rasa elegan muncul dari panoramic glass roof dengan panjang 924 mm dan lebar 890 mm yang untuk pertama kalinya diaplikasikan pada X4.
Monitor layar sentuh berukuran 10,25 inci di tengah dasbor yang sekaligus berfungsi sebagai kontrol seting kendaraan dibekali versi terbaru sistem iDrive. Pengemudi juga bisa memonitor kondisi mobil lewat layar 8,8 inci yang ada pada cluster instrument.

BMW X4 xDrive30i M Sport X dibekali mesin twin turbo 4-silinder 2.000 cc bertenaga 252 tenaga kuda dan torsi 350 Nm. Seluruh kemampuan itu disalurkan ke sistem penggerak semua roda via transmisi Steptronic 8-percepatan.

Generasi kedua X4 diklaim semakin ringan 50 kg dan sektor aerodinamika membaik 10 persen dibanding sebelumnya, hal itu membawa mendukung akselerasi 0-100 km per jam yang mampu ditempuh dalam 6,3 detik.

Mobil ini juga dibekali suspensi M Sport yang diatur elektronik buat mengurangi gejala body roll dan juga kemudi dengan variabel sport buat memudahkan berkendara pada kecepatan tinggi.

X4 xDrive30i M Sport X dilego dengan harga Rp1,459 miliar (off-the-road). Di pasar Indonesia, X4 dengan bodi coupe bersaing dengan Mercedes-Benz GLC Coupe yang dilego Rp1,315 miliar.

BMW Seri 3 Edition Shadow diluncurkan di Jakarta, Kamis (6/2).BMW Seri 3 Edition Shadow diluncurkan di Jakarta, Kamis (6/2). (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
BMW Seri 3 Edition Shadow
Selain meluncurkan X4, BMW Group Indonesia juga meluncurkan varian terbatas Seri 3 Edition Shadow dengan penambahan berbagai perlengkapan ketimbang versi standar. Ada dua varian Seri 3 yang dapat sentuhan Edition Shadow, yakni 320i Edition Sport Shadow dan 330i M Sport Shadow.

Secara umum Editon Shadow terdiri paket aksesori lampu depan dan belakang serta gril aksen hitam. Pada 320i Edition Sport Shadow memiliki pelek V-Spoke 18 inci, kover bemper berwarna gloss black, 9 speaker HiFi 205 W.

Sedangkan pada 330i pilihan kelengkapan tambahannya adalah pelek double-spoke M 18 inci, paket aerodinamika M, pelapis kulit Dakota pada interior, Glass Roof, Adaptive M Suspension, Variable Sport Steering, dan 16 speaker Harman Kardon 600 W.
320i Edition Sport Shadow dilego Rp759 juta, sedangkan 330i Edition M Sport Shadow dijual Rp899 juta. Kedua harga itu berlaku off-the-road.

Rameshh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia mengatakan kedua model yang baru diluncurkan ini merupakan bagian dari rencana meluncurkan lebih dari 10 model baru pada tahun ini.

"BMW Indonesia berharap dapat meraih pertumbuhan di tahun 2019. Kondisi ekonomi yang diperkirakan akan meningkat secara umum, segmen kendaraan premium yang masih ada akan terus tumbuh, dikombinasikan dengan peluncuran ragam kendaraan BMW terutama rangkaian kendaraan BMW X yang diperbarui dan menjangkau segmen lebih luas, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan penjualan tahun ini," kata Ramesh. (fea/mik)