Tips Otomotif

Cairan Penolak Air untuk Bodi Mobil

ray, CNN Indonesia | Sabtu, 16/02/2019 14:11 WIB
Cairan Penolak Air untuk Bodi Mobil Foto: CNN Indonesia/Mohammad Ilham
Jakarta, CNN Indonesia -- Merawat kendaraan jangan hanya fokus pada bagian mesin. Sebagai pemilik kendaraan kita menjaga kebersihan bodi mobil agar sedap dipandang adalah kewajiban, apalagi Indonesia memasuki musim penghujan. Bodi kendaraan butuh perhatian khusus agar tetap kinclong.

Ada beberapa cara untuk menjaga kebersihan bodi kendaraan, salah satunya dengan cara melapisi bodi kendaraan dengan lapisan penolak air, atau biasa disebut water repellent.

Lapisan ini berupa cairan kimia yang ternyata bisa kita gunakan sendiri di rumah. Tak usah bingung mencari cairan itu, sebab dapat dibeli di sejumlah toko online.


Mengutip keterangan resmi Mitsubishi Indonesia, Sabtu (16/2) langkah pertama yaitu cuci mobil sampai bersih dan pastikan tidak ada kotoran tersisa pada bodi dan kaca mobil.

Dalam kondisi bodi yang masih basah, semprotkan cairan pada kain microfibre. Untuk diingat sekali pemakaian, hanya perlu sekitar 50 ml saja.

Lalu usapkan microfibre itu ke seluruh bodi mobil. Diamkan sesaat sampai cairan kimia menempel sempurna. Kemudian lap sampai kering permukaan bodi dan kaca mobil dengan kain microfibre yang bersih dan kering.

Setelah penggunaan bahan kimia, bodi mobil terlihat licin dan mampu menolak air, seperti ada efek daun talas. Selain membantu agar mobil tetap terlihat kinclong, pemakaian produk kimia ini juga berguna mencegah pembentukan jamur pada bodi dan kaca mobil.

Sementara untuk perawatan berkala, pemilik mobil disarankan menggunakan produk cairan penolak air ini setiap tiga bulan sekali.

[Gambas:Youtube] (ryh/mik)


BACA JUGA