Tak 'Kembar', Berikut Perbedaan antara Livina dan Xpander

ray, CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 16:51 WIB
Tak 'Kembar', Berikut Perbedaan antara Livina dan Xpander All new Nissan Livina diluncurkan di Jakarta pada Selasa (19/2). (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nissan Livina 2019 sebagai produk kolaborasi antara Mitsubishi dan Nissan resmi meluncur hari ini Selasa (19/2). Tak ada perbedaan antara basis Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, yang terdapat perbedaan pada eksterior dan interior.

Pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) sengaja membedakan identitas Livina generasi baru dengan 'kembarannya'. yaitu Xpander agar mudah dikenali konsumen.

"Kami menghabiskan uang dan waktu untuk membawa model ini," kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Isao Sekiguchi dalam acara peluncuran Nissan Livina generasi baru di Jakarta, Selasa (19/2).


Pertama, perbedaan terlihat pada bagian depan yang menggunakan gril V Motion yang menjadi ciri khas mobil-mobil Nissan di dunia. Sementara itu Xpander mengusung desain 'dynamic shield'. Gril yang sudah 'mendunia' itu selanjutnya diapit dual LED dengan daytime running light (DRL).

"Sekarang ada desain LED signature lamp dengan dua line yang membedakan dengan kompetitornya. Dua-duanya ada. Jadi ini yang dilihat signature lamp tapi konsumen saat menyalakan mesin akan nyala DRLnya," ucap Sales Trainer Nissan Academy Kurniadi Setiawan.

Bagian tepi kap mesin Livina tampak ada 'gundukan', tidak datar meski sekilas mirip Xpander. Lalu bagian samping Livina baru ada hanya garis lurus dari belakang hingga pintu depan, sedangkan Xpander pada ujung pintu depan menurun.

Beranjak ke buritan. Bagian belakang Livina dan Xpander jelas memiliki perbedaan, Xpander menggunakan desain ala 'dynamic shield' bergaya X. Sedangkan Livina tidak memakai gaya itu.

Kurniadi menambahkan bahwa Livina kini sudah dilengkapi sensor parkir tidak seperti Xpander.

Mitsubishi Xpander tipe UltimateMitsubishi Xpander tipe Ultimate. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
"Kami tingkatkan lagi keamanan pengendara saat mundur atau parkir. Oke pakai kamera, tapi kita tidak tahu jarak amannya seberapa. Jadi kurang lebih seperti itu secara general," kata Kurniadi.

Untuk meningkatkan kenyamanan penumpang, desain Livina meningkatkan kemampuan sistem peredam dan kaca dibuat lebih tebal dari Xpander.

"Itu balik lagi masing-masing orang pasti mendengarkannya berbeda. Tapi kaca kami itu depan, lalu sisinya juga sudah lebih tebal dari kompetitor. Ada juga tambahan peredam pada bodi panel," kata Kurniadi.

Bagian pelek juga terlihat berbeda antara Nissan Livina baru dan Mitsubishi Xpander. Livina menggunakan desain palang sembilan, dan Xpander berjumlah 10 dengan two tone. Bagian fender juga tampak berbeda. Pada Livina lebih menyesuaikan bentuk lekuk ban, dan Xpander dengan garis lebih tegas.

Di bagian interior Livina menyimpan head unit layar sentuh berukuran tujuh inci yang dibuat lebih canggih. Untuk tipe VE AT dan VL AT sudah ada fitur untuk terkoneksi dengan Apple Car Play dan Android Auto.

All new Nissan Livina.All new Nissan Livina. (Foto: Dok. Nissan)
Data spesifkasi Xpander

Panjang: 4.475 mm
Lebar: 1.750 mm
Tinggi: Tipe Ultimate, Sport AT, Exceed AT, Exceed MT 1.700 mm
Tinggi: Tipe GLS MT, GLX MT 1.695 mm
Jarak sumbu roda: 2.775 mm
Ground Clearance: Ultimate, Sport AT, Exceed AT, Exceed MT 205 mm
Ground Clearance: Ultimate GLS MT, GLX MT 200 mm

Mesin: 1.499 cc
Tenaga: 104 Ps (102,5 hp) pada RPM 6.000
Torsi: 141 nm pada RPM 4.000
Transmisi otomatis empat percepatan dan lima manual percepatan

Data spesifkasi Livina

Panjang, Lebar, Tinggi, dan jarak sumbu roda tipe E MT, EL MT, EL AT: 4.510x1.750x1.695x2.775 mm
Panjang, Lebar, Tinggi, dan jarak sumbu roda tipe VE AT, VL AT: 4.510x1.750x1.700x2.775 mm.
Ground clearance: E MT, EL MT, EL AT 200 mm
Ground clearance: VE AT, VL AT 205 mm

Mesin: 1.499 cc
Tenaga: 104 Ps (102,5 hp) pada RPM 6.000
Torsi 141 nm pada RPM 4.000
Transmisi otomatis empat percepatan dan lima manual percepatan (ryh/mik)


BACA JUGA