Robot Penjelajah Bulan MIlik Israel Kirim Foto Selfie Perdana

CNN Indonesia | Jumat, 08/03/2019 07:27 WIB
Robot Penjelajah Bulan MIlik Israel Kirim Foto Selfie Perdana Foto selfie dari wahana antariksa Beresheet. (Foto: handout by SpaceIL and Israel Aerospace Industries)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wahana anatariksa Beresheet milik Israel mengirimkan swafoto pertamanya ke stasiun pusat kendali di Yehud, Israel. Stasiun pusat kendali berada di jarak 37.600 kilometer dari tempat Beresheet saat ini berada.

Dalam pernyataan resmi seperti dilansir AFP, tampak foto selfie Beresheet dengan Bumi sebagai latar belakangnya.

Dalam misi perdana ini, Beresheet memboyong sejumlah instrumen sains untuk mengukur medan magnet untuk mencari awal mula terbentuknya bulan.


Disamping itu, wahana antariksa ini juga membawa sejumlah peralatan 'kapsul waktu' berupa data digital yang berisi Alkitab, gambar anak-anak, lagu-lagu berbahasa Israel, kenangan Holocaust, dan bendera Israel.

SpaceIL dan Israel Aerospace Industries memastikan Beresheet masih harus menempuh perjalanan panjang selama tujuh bulan. Beresheet dijadwalkan 'menginjakkan kaki' di Bulan pada 11 April mendatang.

Beresheet atau memiliki arti 'pada awalnya' dalam bahasa Ibrani merupakan misi perdana Israel menjangkau permukaan bulan. Jika misi ini berhasil, maka Israel akan menjadi negara keempat setelah AS, Rusia, dan China yang bisa menghampiri bulan.

Wahana antariksa seberat 585 kilogram ini diluncurkan dengan menumpang roket Falcon 9 milik Space X Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida pada Kamis (21/2) malam. Beresheet kemudian dilontarkan dari roket Falcon 9 sekitar 34 menit setelah peluncuran dinyatakan berhasil.

Berbeda dengan misi jelajah bulan yang kerap dibiayai negara, misi ini sepenuhnya dibiayai oleh lembaga non-pemerintah dengan total US$100 juta. (AFP/evn)