DFSK Dirikan Dealer di Lahan Bekas Suzuki

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 11/03/2019 16:22 WIB
DFSK Dirikan Dealer di Lahan Bekas Suzuki Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP
Jakarta, CNN Indonesia -- Sokonindo Automobile pernah menargetkan mendirikan 50 dealer DFSK di Indonesia pada tahun lalu, namun belum kesampaian hingga 2019. Saat ini salah satu wakil dari China itu baru saja mendirikan dealer ke-22 di Depok, Jawa Barat, pada Senin (11/3).

Managing Director of Sales Center Sokonindo Automobile Franz Wang menjelaskan dealer di Depok yang statusnya 3S (melayani penjualan, servis, dan suku cadang) bakal digunakan buat menunjang aktivitas bisnis. Depok dipilih lantaran merupakan salah satu kota penyangga Jakarta yang jumlah pembeli mobilnya dirasa berpotensi besar.

"Kami melihat area penyangga memiliki potensi pasar otomotif kuat, khususnya permintaan akan mobil. DFSK tentu saja ingin melayani konsumen kami dengan baik, yang tersebar di berbagai daerah, karena sesuai dengan orientasi kami masuk ke Indonesia adalah kepuasan pelanggan," ucap Wang.


Joenaidi Purnama Sidik, presiden direktur pada perusahaan yang mengoperasikan dealer DFSK Depok, Sinar Inti Harapan, menjelaskan, dealer yang berada di Cimanggis itu dibangun di atas tanah seluas 5 ribu meter persegi. Sebelum menjadi DFSK, Joenadi mengungkap lokasinya pernah digunakan sebagai dealer Suzuki.

Pada 2016, lahan tersebut berubah kepemilikan menjadi kepunyaan Sinar Inti Harapan. Selanjutnya pada 2018, renovasi bangunan yang sudah ada dilakukan untuk dijadikan dealer terbaru DFSK Indonesia.

Joenaidi tidak menyebutkan berapa biaya pengambilalihan lokasi tersebut. Ia hanya menjelaskan untuk biaya renovasi gedung dan lainnya memerlukan dana sekitar Rp2 miliar.

"Investasi kami tidak terlalu besar karena tempat lama. Renovasi ya habis sekitar segitu di luar tanah dan bangunan," ungkap Joenaidi.



Wang menjelaskan 28 dealer DFSK yang masuk dalam rencana 50 dealer pada tahun lalu sekarang masih proses pembangunan. Dia juga mengatakan, pada tahun ini ditargetkan 40 dealer baru lagi bakal dibangun hingga akhirnya seluruh dealer DFSK berjumlah 90 dealer pada akhir 2019.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pernah mengakui mobil-mobil merek China mulai dilirik konsumen Indonesia. Pada tahun lalu, wakil asal China lainnya, Wuling (SGMW Motors Indonesia), berada di posisi kesembilan dalam daftar 10 merek terlaris di Indonesia dengan penjualan 17 ribu unit. 

Perkembangan DFSK di Indonesia masih kalah cepat dibanding kompatriotnya. Saat ini sudah ada 93 dealer Wuling di Indonesia dan ditargetkan menjadi 120 dealer hingga akhir 2019. (ryh/fea)


BACA JUGA