Hasil Penjualan 'Low' MPV Januari 2019

ray, CNN Indonesia | Rabu, 13/03/2019 09:21 WIB
Hasil Penjualan 'Low' MPV Januari 2019 Deretan 'low MPV dari berbagai merek yang dipasarkan di Indonesia. (Foto: Detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil keluarga tujuh penumpang atau dikenal juga dengan sebutan Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) masih menjadi magnet konsumen di Tanah Air. Mitsubishi Xpander belum kehilangan daya tarik dan berhasil mengalahkan Toyota Avanza di awal tahun ini.

Xpander terpantau berhasil menguasai pasar low MPV pada Januari dengan mencatat penjualan wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer) mencapai 5.708 unit.

Di belakang Xpander ada Avanza yang berusaha membuntuti. Hadir dengan sejumlah ubahan, namun Toyota hanya mampu melego Avanza sebanyak 5.568 unit, kemudian diikuti Daihatsu Xenia 3.037 unit, dan Suzuki Ertiga 894 unit.


Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmy menjelaskan sebab faktor kekalahan Avanza karena produksi Avanza model terbaru dimulai pada 2 Januari, atau beberapa minggu menjelang waktu peluncurannya guna memenuhi ketersediaan unit di seluruh dealer. Proses pengiriman baru dilakukan setelah tanggal peluncuran.

"Jadi Januari, karena memang kami startnya juga relatif di pertengahan bulan, jadi memang jumlahnya [produksi] tidak akan bisa banyak. Jadi segitulah yang bisa diproduksi pada Januari," ucap Anton di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/2).

Sementara Wuling Confero berhasil menyingkirkan Grand Livina dan Mobilio.

Penjualan kedua model itu turun diduga karena perusahaan menyiapkan model terbarunya. Nissan meluncurkan Livina baru pada pertengahan Februari 2019, dan diikuti Mobilio dua hari kemudian.

Wholesales Wuling Confero selama Januari 2019 mencapai 348 unit, sedangkan Grand Livina dan Mobilio masing-masing terdistribusi sebanyak 122 unit dan 32 unit.

Hasil Penjualan 'Low' MPV Januari 2019:
Mitsubishi Xpander 5.708 unit
Toyota Avanza 5.568 unit
Daihatsu Xenia 3.037 unit
Suzuki Ertiga 894 unit
Wuling Confero 348 unit
Nissan Grand Livina 122 unit
Honda Mobilio 32 unit (ryh/mik)


BACA JUGA