Ubah Jargon Ahli Selfie, Oppo Boyong Seri F11 Rp5 jutaan

CNN Indonesia | Rabu, 13/03/2019 21:11 WIB
Ubah Jargon Ahli Selfie, Oppo Boyong Seri F11 Rp5 jutaan Oppo F11. (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Oppo resmi memboyong Oppo F11 Pro dan Oppo F11 di Indonesia setelah dirilis di India. Oppo F11 Pro dibanderol dengan harga Rp5 juta. Sedangkan Oppo F11 dibanderol dengan harga Rp4 juta.

Oppo F11 tidak lagi mengusung jargon Selfie Expert. Seri F terbaru kini mengusung jargon Portrait Master.

Ponsel ini menggunakan AI dan sensor yang bisa memaksimalkan kualitas foto dengan kondisi minim pencahayaan. Teknologi kamera ini juga dikombinasikan dengan kapasitas baterai yang besar.
"Jadi ada tantangan, yaitu bagaimana cara mengurangi dan bagaimana menerangkan wajah tanpa cahaya tambahan," kata Marketing Plan Manager Oppo Indonesia Suwanto dalam acara peluncuran Oppo Seri F11 di daerah Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (13/3).


Oppo seri F11 hadir dengan kamera utama ganda yang diletakkan pada punggung ponsel. Oppo membekalinya dengan sensor 48 MP dan bukaan diafragma f/1,79. Kamera kedua F11 Pro dibenamkan sensor 5MP, dan f/2.4 depth sensor.

Selain itu, F11 Pro dan F11 juga menerapkan teknologi Ultra Night Mode dan Color Mapping. Kedua teknologi ini memanfaatkan AI dan pengurangan multi-frame noise, memperoleh stabilisasi genggam, mencapai penekanan sorotan, dan meningkatkan rentang dinamis.

Ketika mengambil foto portrait di malam hari, teknologi Tetracell juga dibenamkan dalam ponsel ini. Tetracell akan menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari empat piksel yang berdekatan untuk membuatnya setara dengan ukuran piksel tunggal 1,6μm.

Teknologi ini mampu melipatgandakan ukuran piksel foto sensitif, sehingga mampu mengabadikan foto portrait yang lebih terang dan minim noise pada malam hari.

Untuk kamera selfie tersedia kamera pop-up 16 MP, 1/3.1" dan f/2.0. Dengan adanya kamera pop up rising camera, bentang layar F11 Pro terasa lebih luas.
Layar Oppo F11 Pro berukuran 6,5 inch TFT-LTPS dengan resolusi FHD+. Ponsel ini memiliki screen ratio sebesar 90,9 persen.

Oppo F11 di sisi lain mengusung layar waterdrop screen dengan bentang 6.53 inci dan memiliki aspek rasio 19,5:9.

Menyoal dapur pacu F11 Pro, Oppo membenamkan prosesor octa core Mediatek Helio P70 dengan fabrikasi 12nm.

Ponsel juga mengusung mengusung GPU Mali G72 MP3 dan RAM 6GB. Sistem operasi Oppo F11 Pro dibekali dengan sistem operasi ColorOS 6 yang berjalan di atas Android 9.0 (Pie). Kedua ponsel dibekali Oppo Hyper Boost meningkat sangat siginifikan.

"Buka Facebook atau aplikasi lebih cepat 31 persen. Dari aplikasi ke home lebih cepat 27 persen," ujar Suwanto.

Oppo F11 Pro tersedia ruang penyimpanan internal 64 GB dan 128 GB yang bisa diperluas dengan penyimpanan external hingga 256 GB. Sementara untuk F11, OPPO membawa RAM 4GB dengan internal 128GB yang dapat diperluas hingga 256GB dengan tambahan kartu microSD.

Kedua ponsel dibenamkan baterai dengan berkapasitas 4.000 mAh. Baterai bisa bertahan 15,5 jam untuk penggunaan normal. Bongsornya kapasitas baterai dikombinasikan dengan teknologi pengisian VOOC Flash Charge 3.0.

"Kami upgrade dengan algoritme yang dengan pengecasan kecepatan tinggi. 20 menit lebih cepar dibandinkan generasi sebelumnya. 0 sampai 100 persen itu hanya 80 menit," ujar Suwanto.

Oppo F11 Pro hadir dengan pilihan gradasi warna Thunder Black dan Aurora Green. (jnp/age)