Edukasi & Fitur

Cara Kerja Wuling Link yang Cuma Bisa Terkoneksi Android

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 01/04/2019 19:42 WIB
Cara Kerja Wuling Link yang Cuma Bisa Terkoneksi Android Head unt Wuling Almaz punya fitur konektivitas ponsel bernama Wuling Link. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wuling Almaz dirancang sedemikian rupa dengan menyematkan berbagai teknologi yang diklaim begitu fungsional untuk pengemudi dan penumpang. Salah satu fitur menarik pada mobil tersebut yakni layar sentuh 'raksasa' serupa Tesla yang berukuran 10,4 inci.

Layar tersebut merupakan terobosan baru dan menjadi yang terbesar dibanding pesaing Almaz di segmen SUV medium seperti DFSK Glory 580 atau Honda CR-V.

Head unit tersebut sudah dijejali fitur khusus yang dinamai Wuling Link yang secara eksklusif digunakan buat mengintegrasikan dengan gawai penumpang. Sebelum bisa digunakan, gawai macam ponsel penumpang harus terlebih dahulu tersemat aplikasi Wuling Link.


Cara mendapatkan Wuling Link bukan dari toko aplikasi seperti Google Playstore. Dijelaskan Product Planning Wuling Motors Indonesia Danang Wiratmoto, perangkat lunak Wuling Link dapat diunduh jika ponsel sudah terhubung ke head unit via kabel USB.


Cara Kerja Wuling Link yang Cuma Bisa Terkoneksi AndroidHead unit Wuling Almaz berukuran 10,4 inci. (Foto: Dok. Istimewa)
Pengguna ponsel selanjutnya secara otomatis bakal diminta mengunduh aplikasi tersebut.

Menurut Danang, ponsel yang dapat terkoneksi dengan head unit Almaz minimal Android versi 5.0 atau Lollipop hingga versi terbaru. Sistem operasi Apple disampaikan belum bisa tersambung.

"Si smartphone harus punya versi lima ke atas. Itu syarat pertama," kata Danang saat ditemui di Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Danang menjelaskan menghubungkan head unit dengan ponsel tidak bisa dilakukan tanpa kabel, misalnya via Bluetooth. Penumpang hanya bisa melakukannya menggunakan kabel usb.

Menurut Danang saat ponsel sudah terhubung menggunakan kabel, penumpang wajib mengaktifkan Bluetooth sebagai konektivitas suara.

"Jadi kalau di Wuling Link sudah colok kabel, tapi lupa koneksikan ke Bluetooth itu ntar ada warning, yang minta kita segera koneksiin dulu," katanya.

Danang melanjutkan, sebelum bisa menikmati Wuling Link sepenuhnya penumpang juga harus mengaktifkan USB debugging pada ponsel Android yang bisa dilakukan langsung pada menu seting.

"Kalau masih default, berarti masih off itu. Untuk masing-masing ponsel letak USB debugging beda-beda, tapi Oppo atau Xiaomi itu sama letaknya," kata Danang.

Setelah semua proses selesai penumpang bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia pada Wuling Link seperti Whatsapp, Youtube, Sportify, Gmail, hingga Instagram.

[Gambas:Video CNN] (ryh/fea)


BACA JUGA