Uji Produk

Samsung Galaxy M20 Baterai Besar, Kamera Depan Agak 'Lebay'

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Selasa, 02/04/2019 17:40 WIB
Performa dan baterai Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika

Performa dan baterai

Samsung membekali Galaxy M20 dengan prosesor Exynos 7904 octa-core dan RAM 3 GB. Berkat paduan ini, CNNIndonesia.com merasa tak ada kendala ketika harus menggunakan ponsel nonstop.

Penggunaan sistem operasi Android 8.1 Oreo dan antarmuka Samsung Experience 9.5 membuat ponsel kelas menengah ini memiliki cita rasa bak ponsel premium.

Sokongan baterai berkapasitas 5.000 mAh menjadi nilai tambah bagi ponsel berponi ini. Saat CNNIndonesia.com menjajal untuk menonton film secara streaming selama empat jam secara simultan, kodisi baterai yang sebelumnya masih 80 persen hanya berkurang lima persen.


Sama halnya ketika Anda kehabisan kuota internet dan menjadikan Galaxy M20 sebagai 'sumber kehidupan'. CNNIndonesia.com menjadikan ponsel untuk memancarkan sinyal internet untuk perangkat lain.

Ketika indikator baterai menunjukkan angka 30 persen, CNNIndonesia.com mencoba peruntungan dengan mengandalkan ponsel untuk thetering selama 2,5 jam. Hasilnya, baterai ponsel masih tersisanya di kisaran 20-an persen.

[BELUM SELESAI] Samsung Galaxy M20Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick
Aspek baterai menjadi bagian favorit CNNIndonesia.com saat menggunakannya selama dua pekan terakhir. Meski hanya diisi satu kali, ponsel ini tidak perlu dicharge berkali-kali dalam sehari.

Untuk penggunaan normal (internet, gim online, streaming, dan media sosial), di pagi hari indikator baterai masih 100 persen dan masih tersisa 85 persen di penghujung hari.

Tidak demikian ketika digunakan untuk bermain gim online dalam waktu lama. Setelah bermain gim selama nyaris tiga jam, baterai mulai terasa panas dan licin di genggaman. Tentu hal ini mengurangi kenyamanan pengguna.

Kemunculan fitur fast charging USB-C juga menjadi nilai tambah untuk ponsel ini. Berbeda dengan ponsel lain yang dibekali fitur serupa dan harus menggunakan aksesoris kabel serta kepala colokan bawaan, tidak demikian dengan Galaxy M20.

CNNIndonesia.com mencoba mengisi baterai dengan kabel lain saat baterai tersisa 20 persen. Hanya butuh waktu kurang dari satu jam agar baterai ponsel mencapai indikator 95 persen. (evn)
2 dari 4