5 Tips Jaga Keamanan Akun Twitter

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/04/2019 13:25 WIB
5 Tips Jaga Keamanan Akun Twitter Ilustrasi. (REUTERS/Kacper Pempel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Belum lama ini, media massa diramaikan oleh kasus pembajakan akun media sosial Twitter Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean. Akibat kasus pembajakan tersebut, Ferdinand melaporkan kasus tersebut ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Selasa (2/4).

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada lima tips yang bisa diterapkan untuk mengamankan akun Twitter pengguna.

1. Twitter hanya menghubungi pengguna melalui aplikasi atau email yang dikirim dari alamat @twitter.com


Dalam blog resminya, Twitter mengungkap pihaknya tidak pernah meminta pengguna untuk memberika kata sandi melalui email, Direct Message atau membalas.
"Kami tidak akan pernah meminta Anda untuk mengunduh sesuatu atau masuk ke situs web di luar Twitter.com. Kami tidak akan pernah menghubungi Anda melalui saluran sosial lainnya, misalnya WhatsApp. Jangan pernah membuka lampiran atau memasang perangkat lunak apa pun dari email yang mengklaim berasal dari kami tetapi tidak dikirim dari alamat email @twitter.com. Ini bukan berasal dari tim kami!," tulis Twitter dalam blog resminya.

2. Aktifkan verifikasi login dan verifikasi reset kata sandi.

Mengaktifkan verifikasi login atau 2 factor authentication (2FA) memberikan lapisan keamanan tambahan untuk akun dengan mengirimkan One Time Password (OTP) ke ponsel pengguna.

Sedangkan verifikasi reset kata sandi berarti bahwa jika pengguna pernah lupa kata sandi, nantinya akan diminta memasukkan alamat surel dan/atau nomor telepon untuk mengirim tautan setel ulang kata sandi.
3. Jangan klik tautan yang mencurigakan atau tidak dikenal.

Jika seseorang mengirimi pengguna tautan di Twitter yang terlihat mencurigakan, meskipun itu dari seseorang yang dikenal. Twitter mengingatkan jangan mengkliknya.

Jika pengguna mengklik tautan dan menemukan diri pada halaman yang menyerupai halaman login Twitter, jangan masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda. Sebagai gantinya, buka twitter.com dan masuk langsung dari beranda Twitter.

4. Jangan abaikan email yang dikirim dari @twitter.com.

Twitter mengungkapkan sesekali akan mengirim email tentang keamanan akun dan sangat penting bagi pengguna untuk membacanya. Misalnya, kami akan mengirimkan email tentang kapan pengguna masuk ke akun Twitter dari perangkat baru untuk pertama kalinya.
"Informasi ini akan kami kirimkan kepada pengguna melalui email sebagai bagian dari langkah keamanan tambahan. Setiap kali alamat email yang terkait dengan akun Twitter telah diubah, kami akan mengirimkan email ke alamat email yang sebelumnya digunakan di akun Anda. Jika akun Anda disusupi atau diretas, langkah-langkah ini akan membantu Anda mengambil langkah untuk mendapatkan kembali akun Anda," papar Twitter.

5. Gunakan kata sandi yang kuat yang tidak digunakan di situs web lain.

Kata sandi pengguna harus sepanjang setidaknya 10 karakter serta menggunakan campuran huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Gunakan frasa sandi, bukan kata sandi. Jangan menggunakan kata atau frasa kamus umum.
[Gambas:Video CNN] (age)