Avanza 'Ngacir', Distribusi Tembus 8.000 Unit pada Maret

ray, CNN Indonesia | Jumat, 05/04/2019 14:30 WIB
Avanza 'Ngacir', Distribusi Tembus 8.000 Unit pada Maret Toyota Avanza model terbaru. (Foto: Dok. Toyota-Astra Motor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota Avanza kian menemui titik terang di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) MPV dalam negeri. Distribusi mobil 'sejuta umat' itu dilaporkan naik pada Maret setelah distribusi ke dealer pada Januari dan Februari terpantau 'seret'.

Data Toyota berdasarkan laporan wholesales Gaikindo (penjualan dari pabrik ke dealer) distribusi Avanza selama Maret 2019 berjumlah 8.538 unit. Sementara Februari 5.700 unit, dan Januari 5.568 unit. Artinya. Toyota berhasil meningkatkan kuantitas produksi dari 5.000an level menjadi di atas 8.000an.

Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto mengatakan bahwa penjualan wholesales Avanza terkerek karena ada penambahan waktu kerja produksi Avanza yang dilakukan Astra Daihatsu Motor (ADM).


Menurut pria karib disapa Soerjo itu, kendati produksi Avanza meningkat, namun itu tidak mengurangi produksi model lain yang juga diproduksi di pabrik ADM seperti produk kembar Rush-Terios, Agya-Alya, atau Sigra-Calya.

"Jadi mereka telah menambah jam kerja untuk produksi Avanza," kata Soerjopranoto saat ditemui CNNIndonesia dan detikcom di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (4/4) malam.

Data di atas kertas ini dikatakan Soerjo respons positif konsumen terhadap ubahan pada Avanza model terbaru. Ubahan pada eksterior dan interior disertai ada penambahan fitur diyakini Soerjo mampu menyita perhatian calon konsumen Avanza.

Upaya kompetitor yang ingin menjegal Avanza lewat produk baru dalam segmen sejenis bahkan terlihat percuma. Terlebih, menurut Soerjo, pesanan Avanza hingga April 2019 mencapai 24.250 unit.

"Ya jadi mereka tertarik terhadap perubahan bentuk Avanza, yaitu eksteriornya," kata dia.

Performa Avanza masih turun naik, setelah kedatangan para kompetitor yang menawarkan suatu produk yang tak kalah bersaing, mulai Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan Nissan Livina, serta Wuling Confero yang sama-sama menggunakan penggerak roda belakang seperti Avanza.

Dalam kurun waktu 2016-2017 penjualan wholesales Avanza per bulan rata-rata sekitar 9.000 sampai 10 ribu unit. (ryh/mik)