Polling: Mobil Jepang Paling Dicari, China Urutan Buncit

ray, CNN Indonesia | Selasa, 09/04/2019 11:40 WIB
Polling: Mobil Jepang Paling Dicari, China Urutan Buncit Suasana pameran otomotif IIMS 2018. (Foto: Dok. Honda Prospect Motor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gebrakan mobil China di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir cukup mewarnai pasar otomotif. Model yang ditawarkan bisa memberikan alternatif berkendara masyarakat melalui model MPV dan SUV.

Ada dua merek mobil China masuk Indonesia yaitu DFSK dan Wuling. Kedua merek itu seakan 'roh penyemangat' merek mobil China Geely yang kalah bersaing karena alasan ketatnya persaingan dan memutuskan hengkang dari Indonesia beberapa tahun silam.

Tercatat Wuling lebih agresif dengan meluncurkan model MPV, pikap dan SUV. Sementara DFSK produsen otomotif satu negara asal China belum berani melakukan hal itu.


Tidak dipungkiri, produsen otomotif China masuk Indonesia secara perlahan menawarkan model kendaraan untuk kebutuhan konsumen.

Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, mobil-mobil China menawarkan spesifikasi dan fitur 'berkelas', namun tetap dengan harga relatif 'murah' jika dibandingkan model sekelas bermerek Jepang dan Korea yang sudah eksis di dalam negeri.

Banyak juga konsumen tergoda dan menyebut mobil China yang masuk Indonesia sudah 'berevolusi' jadi kendaraan yang aman dan nyaman sesuai ekspektasi.

Namun kenyataannya masyarakat masih menaruh pilihan berkendara pada mobil Jepang yang asyik untuk dipakai sehari-hari dan akhir pekan bersama keluarga.

Berdasarkan polling dilakukan CNNIndonesia.com via Twitter terhadap 463 responden, pemilih mobil Jepang mendominasi sebesar 62 persen, diikuti Eropa sebanyak 29 persen. Pemilih mobil Korea dan China masing-masing enam persen dan tiga persen.

Sangat beralasan jika merek mobil asal Jepang mendominasi pasar otomotif dalam negeri. Sebab merek mobil Jepang berinvestasi di Indonesia mulai 1970an, dan terbukti bisa bersaing dengan merek mobil Amerika Serikat dan Eropa.

(mik)