Cara Pakai Fitur Chat dan Bayar Patungan Gopay di Gojek

eks, CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 08:48 WIB
Cara Pakai Fitur Chat dan Bayar Patungan Gopay di Gojek Ilustrasi (CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gojek membuat fitur patungan pada aplikasinya. Namun, fitur patungan Gopay ini disematkan pada fitur chat ini. Jadi, pengguna mesti membuat grup chat terlebih dulu baru bisa meminta teman-teman dari grup tersebut berbagi tagihan.

Batas maksimal grup yang bisa dibuat berjumlah 51 orang termasuk admin. Tagihan yang bisa dibagi dengan fitur ini seperti membayar Gocar, jajan menggunakan Gopay, dan membayar Gofood, seperti disebutkan dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (14/4).

Fitur ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna Gopay yang sudah menjadi anggota premium. Untuk menjadi anggota premium, Anda mesti mendaftarkan terlebih dulu akun Gopay dengan KTP dan sejumlah data lain.


Fitur meminta tagihan pembayaran lewat chat juga sebelumnya sudah pernah diluncurkan oleh beberapa aplikasi lain. Salah satunya oleh layanan perbankan Jenius dan BCA. Pengguna Jenius dan BCA bisa mengirimkan uang lewat WhatsApp. Namun, pada aplikasi BCA, pengiriman uang hanya bisa dilajukan untuk nomor rekening BCA dan virtual account saja.

Lantas bagaimana cara meminta teman dalam grup untuk melakukan patungan?

1. Buka aplikasi GOJEK lalu pilih fitur Chat, pilih dan buka grup chat-mu.
2. Belum punya grup? Kamu bisa pilih (+) pada atas kanan, kemudian pilih Bikin Grup, pilih siapa saja yang akan menjadi anggota grup kamu, dan tulis nama grup.

3. Setelah kamu membuka chat grup, klik menu (+) pada kiri bawah halaman chat, lalu pilih Minta. Pilih beberapa kontak yang ingin dimasukkan dalam permintaan transfer lalu klik Lanjut.
4. Masukkan keseluruhan nominal tagihan lalu pilih Jumlah Pembagian untuk membagi permintaan transfer. Kamu bisa membagi rata tagihan dengan memilih Bagi Rata.
5. Atau, kamu dapat membagi jumlah permintaan transfer berdasarkan masing-masing tagihan teman dengan klik Beda-Beda, kemudian masukkan nominal yang sesuai dengan tagihan yang diinginkan.
6. Pastikan kembali bahwa nominal tagihan telah sesuai lalu klik Kirim Permintaan. Selesai! kamu berhasil mengirimkan permintaan transfer ke grup chat. Ketika teman kamu membuka permintaan, maka mereka akan melihat detail tagihan yang harus mereka bayar.

Bagi yang mendapat tagihan, maka berikut ini cara membayarnya.

1. Klik Bayar pada permintaan transfer saldo GO-PAY di chat.
2. Nominal tagihan yang harus dibayar akan muncul. Jika saldo Gopay tidak cukup, maka perlu ditambah terlebih dulu.
3. Masukkan PIN Gopay.
4. Untuk melakukan pengecekan detil transfer, tekan tombol ↗ berwarna hijau yang muncul setelah melakukan transfer di halaman chat dengan penerima, atau klik Inbox pada halaman GO-PAY, atau klik Riwayat pada halaman GO-PAY.
(eks/eks)