Tips Otomotif

Menghilangkan Tinta Ungu Pemilu di Jok Mobil

mik, CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 14:10 WIB
Menghilangkan Tinta Ungu Pemilu di Jok Mobil Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesta demokrasi di Indonesia digelar hari ini Rabu (17/4) untuk memilih Presiden, Wakil Presiden, DPD, DPRI, dan DPRD. Banyak orang berbondong-bondong ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Setiap orang yang menggunakan hak pilih pasti menandakan jari tangannya dengan tinta ungu. Banyak yang tak menyadari noda tinta bisa tertinggal di mana saja, termasuk di dalam mobil seperti pelapis jok, dasbor, dan lingkar kemudi.

Noda tinta pemilu menempel sangat menyebal, karena merusak pemandangan interior mobil. Untuk bisa menghilangkan noda tinta perlu cairan khusus dan lap bersih.


Pemilik kendaraan bisa menggunakan beberapa cara untuk membersihkan noda tinta dari bahan pelapis dari kulit, kain, atau pun bahan vinil mengutip id.wikihow.

1. Menghilangkan Tinta dari Kain dan Bahan Vinil

Fokus menghilangkan tinta dengan handuk kering atau kertas tisu agar menyerap cairan tinta yang berlebihan tersebut. Lap tinta tersebut dengan hati-hati, sambil agak menekan area yang terkena tinta.

Jangan menggosok-gosok area yang terkena tinta, karena dapat menyebabkan tinta menyebar dan meresap ke dalam seratnya. Lebih baik bersihkan tinta dengan tisu dengan hati-hati sebanyak mungkin.

2. Menggunakan alkohol

Noda tinta sering kali berhasil dibersihkan dengan alkohol, tanpa memandang ragam bahan pelapis jok dalam mobil. Namun untuk diingat menggunakan alkohol harus berhati-hati. Perhatikan kandungan alkohol, lebih baik yang 70 persen.

Sebelum membersihkan bagian pelapis jok yang terkena noda tinta, pertama-tama, tes alkohol pada bagian pelapis jok mobil yang tidak menyolok, untuk memastikan bahwa alkohol tidak akan merusak bahan pelapis tersebut.

Teteskan alkohol pada kain putih bersih dan jangan menuangkan langsung di atas nodanya. Basahi noda tinta dengan kain tersebut secara hati-hati. Jangan menggosok atau mengelapnya. Penggosokan akan menyebabkan noda tersebut menyebar.

Ulangi kembali proses tersebut hingga kainnya tidak lagi menyerap tinta. Pastikan mengganti kain lapnya, jika kain tersebut telah penuh dengan noda tinta.

Jangan menggunakan alkohol pada kain berbahan asetat, rayon, atau triasetat. Kain jenis ini akan ternoda dan menyisakan noda seperti terkena pemutih, jika diberi alkohol.

3. Menggunakan cuka untuk noda tinta.

Sifat asam cuka mampu menghilangkan noda dengan efektif. Cuka ini aman digunakan, lembut di tangan, dan ramah lingkungan.

Caranya, campur satu sendok makan sabun pencuci piring dan dua sendok teh cuka putih ke dalam secangkir air. Gunakan larutan tersebut untuk membasahi area yang ternoda tinta menggunakan kain lembut dan gosok dengan lembut.

Biarkan selama 10 menit dan kemudian lap dengan kain lembut yang dibasahi oleh air dingin. Keringkan area tersebut secara menyeluruh. Ulangi hingga larutannya benar-benar hilang.

4. Menggunakan hairspray

Hairspray adalah larutan yang kuat dan agak mudah menguap, yang dapat menjadi pembersih tinta yang efektif, dan digunakan dalam dosis kecil, baik pada kain maupun kulit.

Caranya semprotkan sedikit hairspray di atas tinta, dan segera lap dengan lembut menggunakan kain yang bersih dan kering. Ulangi cara ini hingga tintanya hilang. (mik)