China Bersiap Mulai Misi Eksplorasi Asteroid

CNN Indonesia | Minggu, 21/04/2019 21:06 WIB
China Bersiap Mulai Misi Eksplorasi Asteroid Ilustrasi. (Foto: Dok. ESA via www.esa.int)
Jakarta, CNN Indonesia -- China berencana memulai misi ambisiusnya yakni eksplorasi asteroid. Kepala pusat eksplorasi dan antariksa China Liu Jizhong mengatakan misi ini akan memakan waktu sekitar 10 tahun.

Misi ini akan melibatkan sebuah satelit yang dikirim ke asteroid HO3 yang ditemukan pada 2016 lalu untuk mengumpulkan sampel dan kembali ke orbit Bumi. Di sana, kapsul yang dikirim dari Bumi akan membelah menjadi dua bagian.

Bagian yang membawa sampel akan kembali ke permukaan Bumi. Sementara bagian lainnya akan mendekati dan mengorbit di komet 133P.


Mengutip AFP, China tidak menetapkan waktu berapa lama misi eksplorasi asteroid akan dilakukan.

Misi eksplorasi ruang angkasa China terus berlanjut setelah keberhasilan Chang'e 4 mencapai sisi tergelap bulan.

Menyoal misi ambisius lain, China dikabarkan bersiap dengan misi eksplorasi Chang'e 5 yang akan diluncurkan akhir tahun ini.

Badan antariksa Cina sebelumnya mengumumkan tengah menyiapkan dua misi eksplorasi bulan lainnya. Misi itu disebut memiliki tujuan akhir membangun basis penelitian bulan bersama. 

Selain Chang'e 5, China sudah menyiapkan rencana untuk membawa satelit berupa bahan eksperimen milik Prancis melalui misi Chang'e 6. Misi ini semula dijadwalkan mulai mengumpulkan sampel pada pertengahan 2017, namun harus ditunda lantaran roket Long March 5 Y2 gagal meluncur. (ani/evn)


BACA JUGA