Mengenal 3 Fungsi Utama Tombol Google Assistant di Nokia 4.2

CNN Indonesia | Rabu, 08/05/2019 20:17 WIB
Mengenal 3 Fungsi Utama Tombol Google Assistant di Nokia 4.2 Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nokia 4.2 baru saja meluncur sebagai ponsel pertama yang memiliki tombol khusus Google Assistant. Melalui tombol ini, pengguna tak perlu lagi repot untuk membuka ponsel untuk mengakses asisten digital besutan Google tersebut.

Training Lead HMD Global Indonesia Irvan Ridha menjelaskan tombol khusus Google Assistant yang berada di sisi iri ponsel ini memiliki tiga fungsi utama.

Fungsi pertama adalah untuk memerintahkan Google Assistant untuk berbagai hal yang memudahkan pengguna. Fungsi ini bisa diaktifkan dengan menekan sekali tombol khusus tersebut.


Setelah menekan tombol, pengguna bisa langsung berkomunikasi dengan Google Assistant untuk memerintahkannya melakukan panggilan, memutar musik, pencarian di mesin pencarian Google, mencari pom bensin terdekat, hingga navigasi ke tujuan tertentu. Bahkan Google Assistant juga bisa memberikan lelucon.

Fungsi kedua bisa diaktifkan dengan menekan dua kali tombol khusus. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengakses snapshot yang menyoroti segala jadwal, kegiatan, hingga tagihan bulanan. 

Google Assistant akan mengingatkan pengguna apabila ada rapat yang harus dihadiri, jadwal penerbangan yang harus dikejar, dan hal lain dalam daftar yang harus dikerjakan. Fitur kedua ini mengandalkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/ AI) untuk menyoroti segala informasi personal khusus untuk pengguna.

"Jadi snapshot itu yang menggambarkan jadwal kita hari ini, terus kita ada kegiatan apa saja,  di kalender ada apa saja, dan cuaca hari ini seperti apa," ujar Irvan.

Fitur ketiga bisa diaktifkan dengan menahan tombol untuk 'menyulap' ponsel menjadi walki-talkie dan membuat Assistant mendengar perintah panjang hingga tombol dilepas. Fitur ini bisa juga digunakan untuk mengaktifkan perangkat cerdas seperti Google Home yang tersambung melalui jaringan.

Pengguna bisa menyalakan lampu, pendingin ruangan, kipas angin, hingga TV menggunakan fitur ini selama perangkat masih tersambung dengan Google Home.

Hanya saja, Irvan mengakui fitur ketiga belum bisa digunakan di Indonesia. Untuk itu pihaknya menekankan pengguna Nokia 4.2 lebih mengeksplorasi penggunaan fitur pertama.

"Kalau punya perangkat pintar, teman-teman bisa aktifkan alarm, microwave atau bisa aktifkan mengaktifkan sesuatu yang berhubungan dengan Google Home atau perangkat cerdas," tuturnya.

[Gambas:Video CNN] (jnp/evn)