Daftar Posko dan Bengkel Mobil Siaga Mudik 2019

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 29/05/2019 19:55 WIB
Daftar Posko dan Bengkel Mobil Siaga Mudik 2019 Ratusan kendaraan pemudik yang akan menyeberang menuju Pulau Sumatra mengantre masuk ke kapal ferry di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Rabu (13/6). (Foto: ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada musim mudik tahun ini tercatat banyak posko dan bengkel siaga disediakan berbagai pemegang merek mobil di Indonesia. Upaya seperti ini merupakan salah satu bentuk layanan yang dilakukan setiap tahun menyambut fenomena rutin mudik pada momen Lebaran.

Berikut rangkuman posko dan bengkel siaga mudik dari berbagai merek. Lokasi tepat posisi layanan bisa diakses di masing-masing website sesuai merek.

Toyota


Tahun ini Toyota mendirikan posko siaga 24 jam di sejumlah jalur mudik meliputi Sumatera, Jawa, Bali dan Sulawesi. Toyota juga membuka bengkel siaga yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

Terdapat 316 titik pelayanan mudik yang terdiri dari 21 Posko Siaga di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi, 11 Bengkel Siaga yang beroperasi selama 24 jam, 44 bengkel tetap buka saat libur Lebaran (namun tidak 24 jam), serta 240 bengkel lainnya yang tetap buka seperti jam operasional biasanya.

Titik pelayanan ini akan berlangsung mulai 29 Mei- 11 Juni 2019. Khusus Posko Siaga Toyota, 18 posko akan beroperasi di sepanjang jalur mudik yang beroperasi pada 29 Mei- 9 Juni 2019.

Sementara tiga posko lainnya akan berlokasi di jalur atau arus balik dari 2 Juni- 11 Juni 2019. Ketiga posko siaga Toyota yang berlokasi di arus balik ada di Tol Cikampek Rest Area KM 62 Cikampek, Tol Palikanci Rest Area KM 208 B Cirebon, serta Tol Jatingaleh - Krapyak Rest Area KM 5 Jatingaleh.

Daihatsu

Daihatsu sudah menyiapkan sembilan Posko Siaga yang berlokasi di Merak, Cikampek KM 57, Cipali KM 102A, Cirebon KM 207A, Alas Roban KM 379A, Salatiga KM 456A, Ngawi 575A, Jombang 678B, dan di Tabanan di SPBU sebelah Lalanglinggah.

Tempat singgah konsumen Daihatsu ini buka pada 31 Mei-7 Juni. Sebanyak 46 dealer Daihatsu juga disiagakan menyambut mudik Lebaran untuk periode itu.

Mitsubishi

Selama periode 31 Mei- 10 Juni 2019, Mitsubishi bersama jaringan dealer telah menyediakan posko siaga 24 jam yang terdapat di 16 titik sepanjang jalur mudik nasional. Konsumen Mitsubishi dapat beristirahat sejenak dan menikmati fasilitas yang telah disediakan di posko.

Posko ini mulai disebar di daerah Banyuwangi, Tol Tegal-Pemalang, Puncak, Nagrek, Cikampek, hingga ke Medan, Sumatera Utara. Selain itu Mitsubishi juga membuka 30 dealer siaga, yang 15 outlet di antaranya bakal beroperasi 24 jam.

Suzuki

Tidak ingin ketinggalan, Suzuki juga menyiapkan posko mudik siaga (29 Mei-4 Juni 2019) dan bengkel siaga mudik (30 Mei-6 Juni 2019).

Posko siaga mudik terletak di Rest Area KM 102 Tol Cipali-Jawa Barat, Jl. Jend. Sudirman, Cikampek-Jawa Barat, dan Jl. Raya Denpasar-Gilimanuk, Jembrana-Bali.

Posko-posko tersebut dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang tunggu, ruang hiburan, dan tersedia makanan ringan untuk takjil berbuka puasa. Sedangkan dua posko di Jawa Barat tersedia fasilitas pemeriksaan kesehatan.

Bengkel siaga mudik terdapat di 12 provinsi mulai Sumatera, Jawa, dan Bali. Total Bengkel siaga mudik terdiri dari 30 outlet mobil dan 15 bengkel motor.

Honda

Mudik tahun ini Honda membuka 117 titik layanan bengkel siaga pada 30 Mei- 9 Juni. Bengkel siaga tersebut terdiri dari 98 dealer resmi Honda yang tetap buka pada jam operasional (08.00 - 16.00), empat dealer buka 24 jam selama libur Lebaran, serta 15 Posko Siaga Honda yang tersebar di jalur mudik.

Layanan pada bengkel siaga Honda berupa perawatan berkala, perbaikan kendaraan, hingga Product Update (PUD). Konsumen juga dapat melakukan perbaikan darurat seperti penggantian baterai, pemeriksaan atau penggantian ban, penambahan air wiper, pemeriksaan atau perbaikan lampu, kampas rem, dan lain sebagainya.

Terdapat pula fasilitas yang bisa dinikmati para konsumen selama proses perbaikan, di antaranya ruang peristirahatan, televisi, dan free Wi-Fi.

Letak bengkel siaga Honda berada di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten, Jawa Tengah dan Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali, Sumatera, Papua, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Sementara daftar dealer 24 jam meliputi kawasan Bandung, Solo, Malang, dan Surabaya.

Sedangkan untuk posko siaga letaknya disebar di beberapa titik jalur mudik di pulau Jawa, seperti Cisarua, Cianjur, Karawang, sampai ke Bali.

DFSK

Mulai 1- 10 Juni 2019 DFSK bakal membuka posko siaga mudik selama 24 jam. Bagi konsumen yang mudik dari Jakarta ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur melalui jalur utara dapat singgah di lokasi DFSK Siaga Mudik di Cirebon, sedangkan bagi konsumen yang mudik melalui jalur selatan dapat singgah ke Posko DFSK yang berada di Tasikmalaya dan Puncak, Jawa Barat.

Lokasi posko dan bengkel siaga DFSK yakni di Puncak- Hotel Cisarua (Posko Siaga Mudik), Tasikmalaya - Rumah Makan SR Rajapolah (Posko Siaga Mudik), dan Cirebon - Manhattan Square, Jl. Brigdjen Dharsono Kav 8 Blok E-F Kedawung Cirebon (Bengkel Siaga).

Wuling

Ada 38 titik layanan Wuling untuk konsumennya selama periode mudik yang terdiri dari delapan posko mudik, 15 bengkel siaga 24 jam, serta 15 bengkel di dealer resmi Wuling yang tetap beroperasi seperti biasa selama periode mudik berlangsung.

Posko mudik Wuling siap beroperasi selama 13 hari mulai dari tanggal 30 Mei hingga 11 Juni 2019. Posko ini tersedia di rute arus mudik yang berada di Merak KM 68, Cikampek KM 57, Cirebon KM 207, Batang KM 379 dan Ngawi KM 519.

Sedangkan untuk arus balik, posko terletak di Ngawi KM 519, Pejagan KM 229, dan Palimanan KM 101. Posko Mudik Wuling dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti area servis, area pemeriksaan gratis, tempat istirahat, serta area hiburan.

Chevrolet

Chevrolet Indonesia juga mendirikan posko siaga berjumlah 11 outlet, namun hanya tiga titik yang akan buka 24 jam. Posko siaga Chevrolet bakal dibuka mulai 1 Juni- 8 Juni 2019.

Adapun tiga posko yang beroperasi 24 jam terletak di Jawa Barat (jalur selatan)-Limbangan Nagrek, Jawa Tengah-Boyolali, dan Jawa Timur-Situbondo.

Sedangkan teknisi siaga 24 jam Chevrolet disebar di Merak, Tegal, dan Buntu. Sementara untuk bengkel siaga ada di dealer Chevrolet Kebon Jeruk-Jakarta, Bandung-Andalan Soekarno Hatta, Cirebon-Citra Nusa Wahana, Yogyakarta-SBM Yogyakarta, dan Surabaya-SUN Surabaya.

BMW

BMW memiliki tempat perisirahatan khusus buat konsumen di SPBU Pertamina yang berada di jalur tol Kanci-Pejagan KM228. Tempat itu, yang disebut 'lounge' merupakan bagian dari program Pertamina Siaga yang menyediakan Rumah Pertamina Siaga.

Mercedes-Benz

Mercedes-Benz dipastikan menyiagakan delaer Dipo Motor, Mercindo Mampang, CAR, PRO BSD, PRO Gandaria, CKP dan Kalimas Yogyakarta buka selama 24 jam saat momen mudik.

Nissan-Datsun

Posko mudik Nissan-Datsun dibuka pada 31 Mei- 9 Juni 2019 di empat lokasi padat arus mudik, yaitu di Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Kanci KM 207A, Rest Area Tol Kanci 208B, dan SPBU Banyuglugur Situbondo.

Renault

Pada periode mudik kali ini Renault akan mendirikan satu posko siaga di Tol Cipali KM 102. Renault juga akan memanfaatkan empat jaringan dealer Mitsubishi milik Nusantara Group di Medan, Pekanbaru, Cinere, dan Bekasi sebagai bengkel siaga. (ryh/fea)