Renault Indonesia dengan Rayuan MPV 'Murah' Pasca Lebaran

ray, CNN Indonesia | Jumat, 31/05/2019 11:44 WIB
Renault Indonesia dengan Rayuan MPV 'Murah' Pasca Lebaran Ilustrasi logo Renault. (Foto: REUTERS/Vincent Kessler)
Jakarta, CNN Indonesia -- Renault Triber dipastikan bakal mengaspal di Indonesia pada saat Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019, atau satu bulan pasca peluncuran perdana di negara asalnya, yaitu India yang dijadwalkan meluncur pada 19 Juni.

"Yang perlu dicatat satu bulan setelah launch di negara asalnya," kata COO Maxindo Renault Indonesia Davy J Tuilan saat ditemui di Jakarta, Rabu (29/5).

Davy tidak bisa mengungkap secara mendetil low multi purpose vehicle (MPV) Renault tersebut. Hanya saja, ia memastikan bahwa tidak ada fitur maupun spesifikasi yang 'disunat' begitu mulai dijual di Indonesia.


Ia juga mengklaim bahwa Triber akan unggul dalam berbagai hal dibanding mobil sekelasnya terutama memberi kenyamanan dan keamanan untuk penggunanya. Klaim Davy, Triber juga bakal unggul dari segi dimensi sehingga bisa digunakan untuk kapasitas penumpang tujuh penumpang.

"7 seater Renault (Triber) akan mendemokratisasi kenyamanan dan keselamatan. Bisa dilihat teaser-nya yang dijual space sama konfigurasi tempat duduk," ucap Davy.

Sebelumnya, Maxindo Renault Indonesia, selaku agen pemegang merek Renault di Indonesia 'ngoto' akan meluncurkan Triber di IIMS 2019, namun batal dengan ada penundaan waktu peluncuran Triber di India menjadi Juni 2019. Kondisi tersebut berimbas pada strategi penjualan Maxindo Renault Indonesia.

Pihak Maxindo Renault Indonesia belum mau berkomentar banyak soal harga dan spesifikasinya, namun sampai saat ini belum ada perubahan rencana banderol Triber bakal sangat beririsan dengan low cost green car (LCGC/mobil murah ramah lingkungan).

"Cuma belum bisa kisarannya saya sebutin," kata dia.

Renault Triber diketahui dibangun menggunakan basis CMF-A architecture, atau casis yang digunakan city car Kwid. Tidak hanya sasis, mobil ini juga dibekali mesin yang sama dengan Kwid, yaitu tiga silinder 1.000 cc. Kendati begitu tenaga mesinnya telah mengalami seting ulang untuk menyesuaikan kebutuhan.

Sementara itu dua pilihan transmisi tersedia yakni lima percepatan manual dan lima percepatan otomatis. Pilihan mesin turbo akan tiba beberapa bulan pasca peluncuran. Triber dikabarkan bakal dijejali sistem hiburan layar sentuh yang dapat terkoneksi dengan telepon genggam. (ryh/mik)