Instagram Rilis Fitur Hemat Kuota Internet untuk Android

fea, CNN Indonesia | Kamis, 06/06/2019 06:29 WIB
Instagram Rilis Fitur Hemat Kuota Internet untuk Android Ilustrasi Instagram. (Foto: CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram merilis fitur baru berupa 'mode penghemat data' di Indonesia pada hari raya Idul Fitri, Rabu (5/6). Fitur ini berguna agar proses loading foto dan video lebih cepat serta menekan pemakaian kuota internet selama pengguna menggulirkan jempol sambil berselancar di Instagram.

Berdasarkan keterangan resmi, Instagram menjelaskan fitur mode penghemat data yang hanya bisa digunakan di Android ini diluncurkan khusus untuk negara seperti Indonesia yang dikategorikan memiliki kecepatan koneksi internet terbatas.

Indonesia dikatakan berada di urutan 123 dari 138 negara yang masuk survei Speedtest Global Index Ookla (April, 2019) dengan rata-rata koneksi internet seluler 10,44 Mbps. Rata-rata kecepatan koneksi internet seluler global saat ini mencapai 26,96 Mbps.


Cara Mengaktifkan 

Cara menggunakan fitur mode penghemat data yaitu dengan mematikan pilihan 'Media Resolusi Tinggi'. Menu itu bisa ditemukan bila pengguna masuk ke 'seting', lalu pilih ke 'pengaturan data seluler'.

Di dalam menu 'Media Resolusi Tinggi' ada tiga pilihan, yaitu 'Tidak Pernah', 'WiFi Saja', dan 'Seluler + WiFi'. Mode penghemat data akan aktif bila dipilih 'Tidak Pernah'.

"Dengan mengaktifkan mode penghemat data, Instagram tidak akan secara otomatis menampilkan pre-load video maupun foto beresolusi tinggi. Sehingga, para pengguna Instagram memiliki kebebasan untuk mengendalikan penggunaan kuota internet mereka di Instagram guna mempercepat proses loading foto," tulis Instagram. (fea)