Masih Bernyali, Ratusan 'Riders Gaek' Siap Keliling Hutan

ray, CNN Indonesia | Jumat, 05/07/2019 16:16 WIB
Masih Bernyali, Ratusan 'Riders Gaek' Siap Keliling Hutan Komunitas pecinta trail Arek Lawas Suroboyo Motocross. (Foto. Dok. ALAS MX)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komunitas pecinta motor trail Arek Lawas Suroboyo Motocross (ALAS MX) 70-80 kembali menguji nyali. Kali ini mereka akan menggelar reuni di BSD, Tangerang, hari ini pada Jumat (5/7), sedangkan acara puncaknya diselenggarakan pada Minggu (7/7).

Anggota ALAS MX Jusri Palubuhu menjelaskan sekitar sekitar 100 pengendara gaek bakal ikut serta dalam puncak acara nanti.

Acara kelima ini akan diawali dengan kegiatan bakti sosial berupa sunatan massal gratis untuk 300 anak di Kecamatan Pagedangan dan Penghapusan Tatoo di kantor Kecamatan Pagedangan.


Selanjutnya pada Sabtu (4/7) agenda diisi dengan kegiatan Fun MX Race di Sirkuit MX ICON Pagedangan.

Kemudian pada puncak acara, rombongan bakal bertualang sembari menunggangi trail dengan mengambil area sekitar Akasia, Tanggerang. Kegiatan ini menurut Jusri bakal sedikit menyiksa orang-orang lanjut usia tersebut dengan mengasah keterampilan, dan menguji nyalinya.

"Mengendarai sepeda motor Trail Enduro menaklukkan Bukit Akasia yang penuh dengan rintangan alam, turunan dan tanjakan di jalur tanah di dalam hutan dan Gunung Sindur di jalur bebatuan disepanjang rutenya," kata Jusri melalui keterangan tertulisnya, Jumat (4/7).

Komunitas ini berasal dari penggemar motor trail yang sudah malang-melintang di dunia balap 'injak-injak tanah' kurang lebih sejak medio 1970 hingga 1980 dan berdomisili di Surabaya, Jawa Timur.

Meski di usia senja, para anggota ini bisa dibilang belum 'kapok' menyelami hobinya. Sejumlah anggota juga masih aktif mengisi waktu dengan berlatih balap MX dan Enduro motorcross.

"Saya dengan teman-teman gaek Mantan pejalan punya hajatan sekaligus reuni," ucap Jusri.

Dijelaskan Jusri, ALAS MX 70-80 dibentuk pada awal 2018 dan telah melakukan empat kali 'ritual' silaturahmi dalam bentuk MX Adventure Traveling dengan mengambil area Gunung Bromo, Tretes Jawa Timur, Gunung Merapi Yogyakarta, serta di Trawas kaki Gunung Penanggungan Jawa Timur. (ryh/mik)