Respons Aksi di Manokwari dan Jayapura, Netizen Serukan Damai

Tim, CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 11:40 WIB
Respons Aksi di Manokwari dan Jayapura, Netizen Serukan Damai Aksi demonstrasi di Manokwari. (Foto: Ishak)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi massa yang digelar oleh sejumlah mahasiswa hari ini (19/8) melakukan aksi demonstrasi di kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua di Jayapura. Sementara itu para demonstran di Manokwari melakukan aksi blokade jalan, mulai dari depan Pelabuhan Manokwari hingga Jalan Trikora Sowi sejak pukul 06.00 WIT berlangsung mencekam.

Aksi protes itu diduga buntut insiden di Surabaya pada Kamis (15/8). Sebanyak 43 mahasiswa Papua dibawa ke Markas Kepolisian Resor Kota Besar (Mapolrestabes) Surabaya. 

Mereka diangkut paksa oleh sejumlah aparat kepolisian dari asrama yang mereka tempati di Jalan Kalasan, Surabaya. Namun kini mereka telah dipulangkan aparat.


Netizen di Twitter pun sontak menyerukan aksi damai agar Manokwari kembali kondusif.











Tak sedikit netizen yang meminta kepada pihak kepolisian untuk memberikan penjelasan terkait kondisi terkini 43 mahasiswa Papua kepada massa agar mereka paham dan segera menghentikan aksi protes.





Sebagai informasi, lalu lintas di seputar kota Manokwari, Papua, lumpuh total. Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Papua Barat dibakar massa, sejumlah kendaraan turut dibakar massa yang mengamuk.

Aksi massa ini dilakukan di Jalan Trikora Wosi, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Merdeka Manokwari. Aparat TNI dan Polri berjaga-jaga di setiap titik.

[Gambas:Video CNN] (din/evn)